Sep 4, 2008

Nuansa Ramadhan : Tafsir Al Mishbah 5 September 2008

Tafsir Al Mishbah hari ini banyak membahas tentang dosa-dosa yang dilakukan oleh manusia, terutama dosa yang dilakukan oleh perempuan. Misalkan perempuan yang keluar rumah untuk mengunjungi tempat-tempat yang tidak baik itu akan terkena dua dosa. Kenapa begitu? Karena pada dasarnya perempuan itu dianjurkan untuk tetap di rumah. Jika dia keluar rumah maka dia melakukan dosa. Kemudian dia berkunjung ke tempat-tempat yang tidak baik, maka bertambah lagi dosanya. Berbeda dengan laki-laki, yang memang pada dasarnya ditugaskan Allah untuk mencari rezeki di luar rumah, pada saat dia keluar rumah, dia belum berdosa. Tapi jika dia pergi ke tempat-tempat yang tidak biak, maka dia juga berdosa.

Tapi biarpun wanita itu dianjurkan berada di rumah, bukan berarti wanita itu tidak boleh keluar rumah. Jika seorang perempuan ingin keluar dengan tujuan yang baik, misalkan ingin ikut pengajian di rumah tetangga, atau mengunjungi orang tuanya, atau pergi belajar ke rumah temannya, dan orang tua, suami tahu apa yang akan dilakukan oleh anak atau istrinya di tempat yang ditujunya, dan perbuatan itu adalah baik, maka tidak boleh dilarang.

Berikut ini adalah beberapa kesimpulan dari Tasfir Al Mishbah hari ini : 

1. hendaklah seseorang jangan mengunjungi tempat-tempat yang tidak baik

2. orang yang pernah melakukan dosa dan sudah bertobat dan melakukan perbaikan, jangan diungkap lagi kesalahannnya.

3. Allah membuka tobat sebesar-besarnya sampai maut sampai di kerongkongan manusia.

Demikianlah...semoga bermanfaat :)


2 comments:

farid said...

Mas, bisa rutin bikin risalahnya gak? Soalnya kadang kalah cepet pegang remote tv sama temen mess yang lebih suka lihat olga jadi waria...

motosuki said...

iya...ini rencananya rutin. mudah2an ga ada halangan yah :)