Sep 22, 2008

Nuansa Ramadhan : Tafsir Al Mishbah 22 September 2008

Tafsir Al Mishbah melanjutkan pembahasannya dalam surat An Nisa. Berikut ini adalah kesimpulan yang diberikan oleh Pak Quraish Shihab :

1. Hubungan harmonis antar sesama manusia adalah keterbukaan. jangan berbisik2 menyangkut hal yang buruk.

Jika kita berbicara dengan berbisik-bisik, maka akan menimbulkan kecurigaan. Kecurigaan ini akan menjadi awal ketidakpercayaan yang bisa berakibat buruk pada hubungan sesama manusia. Tak jarang sikap seperti ini akan menimbulkan permasalahan.


2. mempersekutukan Tuhan tanpa taubat,maka neraka lah tempatnya.

Tentu saja Allah hanya mengampunkan dosa syirik kepada orang-orang yang dikehendakinya. Agar kita terhindar dari dosa syirik, maka kita harus sering bertaubat. sesungguhnya orang yang melakukan syirik, dia telah tersesat jauh sekali dari jalan Allah.


3. Syaitan berusaha untuk menyesatkan manusia dengan cara memberikan angan-angan kosong.

Banyak hal yang dilakukan syaitan dengan cara ini. Misalkan jika kita mendapatkan berlian ditengah perjalanan, maka dia akan membisikkan bahwa berlian itu adalah rezekinya. Sekilas memang terlihat benar, tapi tentu saja kita tetap bertanya milik siapakah berlian tersebut? Sesungguhnya pada saat kejadian seperti ini ada malaikat yang memberikan bisikan kebenaran, dan syaitan yang memberikan bisikan kesesatan.


4. Syaitan itu dalam upayanya menyesatkan manusia menempuh banyak cara. karena itu kita harus benar2 menyadari prinsip ajaran agama supaya tidak tersesat.

Seperti yang dijelaskan di kesimpulan sebelumnya, kadang-kadang cara yang dilakukan oleh syaitan ini terasa seperti benar. Oleh karena itu kita harus memperkuat dasar prinsip ajaran agama kita supaya tidak tersesat.


Demikianlah kesimpulan kali ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Amin :)

No comments: