Sep 21, 2008

Nuansa Ramadhan : Tafsir Al Mishbah 21 September 2008

Pembahasan Tafsir Al Mishbah hari ini dimulai dari Surat An Nisa ayat 104. Berikut ini adalah kesimpulannya :

1. Al Qur'an adalah haq.

Al Qur'an menjadi tuntunan manusia menuju kebenaran yang haq. Al Qur'an menjadi pembimbing Rasulullah agar terhindar dari kesalahan. Disini dijelaskan bahwa manusia biasa seperti kita bisa saja melakukan salah. Orang yang lebih agung sebaiknya tidak melakukan salah. Orang yang lebih agung lagi bahkan berpikirpun tidak boleh salah. Dalam konteks ini Rasulullah dijaga oleh Allah dari hal yang salah, bahkan pemikirannya sekalipun dijaga Allah dari kesalahan.


2. Jangan membela yang salah.

Yang dimaksud disini adalah bukan berarti kita tidak boleh membela bagi terdakwa atau tersangka atas tuduhan yang diberikan kepadanya, tapi lebih kepada mencari keadilan bagi tersangka tersebut. Jika kiranya memang tersangka tersebut memang terbukti bersalah, maka bagi pembela nya wajib untuk mengusahakan keputusan yang diambil oleh hakim adalah keputusan yang seadil-adilnya bagi tersangka tersebut, bukan untuk membenarkan apa yang salah dari perbuatan tersangka tersebut.


3. Allah bisa menuntut seseorang atas kecerobohan mahluknya.

Disini dijelaskan bahwa banyak kesalahan yang dilakukan manusia itu merupakan hasil dari kecerobohan. Misalkan lupa shalat karena terlalu asyik bermain kartu, dan sebagainya. Maka untuk menghindari kecerobohan tersebut, kerjakanlah sesuatu pada tempat dan waktunya sehingga bisa meminimalisir kesalahan.


4. Hindari tempat2 atau keadaan yang bisa membuat orang lain bisa membuat fitnah atas diri anda.

Yang dimaksud disini adalah kita harus berusaha menjauhkan fitnah dari diri kita. Caranya yaitu dengan membuat orang lain tidak berpikir kita melakukan suatu hal padahal kita tidak melakukannya. Jika memang sudah terjadi demikian, maka kita harus menjelaskan keadaan yang sebenarnya. Jika setelah kita menjelaskan keadaan yang sebenarnya tapi belum juga bisa diterima, maka sebaiknya kita diam saja. Karena kalo kita menjelaskan terus mereka tidak percaya, kalo kita mengiyakan kita berbohong.


Demikianlah tausyiah yang bisa disimpulkan dari Tasfsir Al Mishbah hari ini, semoga bermanfaat :)

No comments: