Sep 13, 2008

[Review : Dorama] Code Blue : Doctor Heli Kinkyu Kyumei


empat orang dokter magang ditugaskan di RS Shohoku. Mereka tentu saja bukan dokter sembarangan. Mereka dokter yang telah cukup terlatih di ER (Emergency Room) dari rumah sakit lain, yang sengaja diikutkan dalam Program Fellowship yang dilakukan RS Shohoku ini untuk menjadi Flight Doctor, alias dokter yang siap terbang ke lokasi kecelakaan untuk menjemput pasien dan dibawa ke rumah sakit.

4 Dokter ini adalah Aizawa Kousaku (Yamashita Tomohisa), Shiraishi Megumi (Yui Aragaki), Hiyama Mihoko (Toda Erika) dan Fujikawa Kazuo (Asari Yosuke). Mereka tentu saja bersaing untuk menjadi Flight Doctor. Dokter senior mereka adalah Kuroda Shuji (Yanagiba Toshiro) yang sangat berpengalaman menjadi Flight Doctor. Selain itu juga ada seorang Flight Nurse, yaitu Saejima Haruka (Higa Manami), Mitsui Kanna (Ryo), Morimoto Tadashi (Katsumura Masanobu), dan Saijou Susumu (Sugimoto Tetta) yang menjadi dokter-dokter lain.

Tadakoro Yoshiaki, Kepala Emergency Unit RS Shohoku, membuat program Fellowship ini untuk meningkatkan kinerja Flight Doctor, yang selama ini cuma ada 3 orang, menjadi 7 orang. Program ini dapat meningkatkan rate keselamatan pasien menjadi lebih tinggi, karena pasien diangkut lewat udara dan lebih cepat sampai ke rumah sakit.

Tapi inti dari dorama ini sebenarnya bukan pada sistem rumah sakitnya, tapi lebih kepada kehidupan dokter-dokter tersebut sebagai bagian dari Flight Doctor dan permasalahannya. Aizawa misalnya, adalah dokter training yang memiliki kemampuan sangat baik, Shiraishi yang merupakan anak kepala rumah sakit berusaha membuktikan kepada orang tuanya kalau dia bisa menjadi dokter yang baik tanpa menyusahkan orang tuanya, Hiyama, yang tadinya agak cuek dan menganggap dokter training yang lainnya sebagai lawannya, dan Fujikawa yang memang sangat ingin menjadi Flight Doctor walau kemampuannya kurang. Diceritakan pula bagaimana pengabdian dr.Kuroda dalam melakukan pelayanan pada pasien, hingga akhirnya rumah tangganya berantakan, dan dr.Mitsui yang terkena skandal malpraktek. Juga ada cerita Saejima, anak dokter ternama yang hanya bisa menjadi perawat setelah gagal dari sekolah kedokteran.

Walaupun mereka bersaing, pada akhirnya terjalin hubungan yang erat diantara mereka. Misalkan Aizawa yang akhirnya membantu Fujikawa yang kurang untuk lebih bersemangat, Shiraishi yang tidak memenuhi pikirannya dengan pikiran negatif, sehingga menjadikan teman-temannya lebih bisa menjalankan profesi nya dengan santai tanpa ada rasa persaingan, Hiyama yang juga menyemangati Shiraishi saat Shiraishi terkena masalah, dan Fujikawa yang riang berusaha menerima kenyataan sulitnya dia menjadi Flight Doctor dengan menyemangati teman-temannya saat mereka akan bertugas.

Code Blue yang berjudul lengkap Code Blue : Doctor Heli Kinkyu Kyumei, didasarkan atas proposal Jepang untuk Emergency Medical Service dengan menggunakan helikopter ini, yang dengan cepat diadopsi diberbagai rumah sakit di Jepang. Karena memang berhubungan dengan helikopter, tentu saja banyak adegan terbang dengan helikopter dan adegan perawatan pasien dalam helikopter.
Drama ini memang tidak seheboh Team Medical Dragon, dengan adegan operasinya yang sensasional, karena inti cerita ini memang bukan itu. Tapi drama ini bisa membawa kita akan perasaan dokter saat mereka harus berhadapan dengan pasien gawat darurat di lokasi kejadian. Mereka harus turun ke lapangan dengan hanya mengetahui sedikit tentang keadaan pasien dari laporan Fire Departement yang datang lebih dahulu. Tidak jarang tindakan medis yang sulit harus dilakukan langsung dilapangan, misalkan mengoperasi di lapangan. Disini diperlihatkan seorang dokter harus memiliki mental yang kuat dan tidak dipengaruhi perasaan takut, walaupun takut itu selalu ada setiap kali mereka menghadapi pasien.

Aah...sangatlah luar biasa kalo sistem ini pun bisa diterapkan di Indonesia... Tapi siapa tahu, kalo Indonesia udah sesejahtera Jepang hal ini bisa terjadi :) Tapi ya itu... MASIH LAMA BANGET!!! :P

Code Blue terdiri dari 11 episode yang disiarkan di Fuji TV dengam masa tayang 3 juli 2008 sampai 12 september 2008 dan jam tayang tiap hari kamis jam 22.00. Yang menarik juga dari dorama ini adalah theme song yang bagus sekali, dengan judul HANABI yang dinyanyikan oleh Mr.Children. Selain itu drama ini didukung pemain-pemain yang tidak asing lagi, dan mereka pun bermain baik disini. Rating nya cukup tinggi, berkisar antara 10,8 - 21,2 dengan rata-rata 15,6.
Hehehehe...akhir2 ini sering banget drama dengan tema medis, hingga muncullah genre baru yaitu Medical drama, setelah sempat ngetrend School Drama. Bagi yang belum nonton, saya merekomendasikan drama ini :)



sumber : http://wiki.d-addicts.com/Code_Blue, dengan pembahasaan kembali oleh saya sendiri.


Tambahan :
OST Code Blue : download
Dorama Code Blue : download





No comments: