Feb 25, 2008

Rumah Panjang di Desa Natai Panjang

Rumah panjang adalah salah satu warisan dari suku dayak yang banyak terdapat di pulau Kalimantan. di Desa Natai Panjang, Kecamatan Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang, Propinsi Kalimantan Barat, terdapat salah satu rumah panjang yang masih berdiri dengan baik.
Ini adalah foto yang saya ambil di lokasi tersebut. Penuh perjuangan loh sampai kesini... dari Pontianak ke Ketapang menggunakan kapal feri cepat dengan waktu tempuh kurang lebih 6 jam. Kemudian dari Ketapang ke desa Natai Panjang berjarang sekitar 150 km, tapi waktu tempuhnya 4 jam!! Dan tentu saja hanya bisa menggunakan motor karen jalannya ancur abis!! Saya sempat jatuh sampai paha saya biru lebam, dan ga bisa jalan beberapa hari.... Tapi semua menjadi kenangan yang indah buat saya :)




Menurut keterangan penduduk setempat, ini adalah rumah asli desa natai panjang, kecamatan tumbang titi. Saat kami datang kesana, bangunan ini sudah rata dengan tanah. Penduduk desa ingin sekali rumah ini dibangun kembali agar dapat dijadikan warisan untuk anak cucu mereka kelak, bahwa desa mereka masih mempunyai rumah panjang. Foto ini di repro dari foto lama. Klo ga salah difoto oleh orang Belanda misionaris. Tahunnya gak jelas. Anehnya foto ini dari postcard Belanda ^^;




Ini rumah di desa sebelah, lupa namanya. Tapi rumah ini kurang lebih sama dengan rumah di desa natai panjang. Hanya ornamennya saja yang agak berbeda.




Ini tampak sampingnya....




Bangunan di samping ini adalah bangunan tambahan. Fungsinya adalah sebagai tempat penyimpanan hasil pertanian dan kebun.




Tidak seperti Rumah Betang (rumah yang melebar), Rumah Panjang Natai Panjang dibuat memanjang kebelakang. Selain itu berbeda dengan Rumah Betang yang bisa dihuni sampai 100 kepala keluarga, Rumah Natai Panjang ini hanya digunakan oleh satu keluarga. Interior nya luas karena tidak banyak elemen interior di dalamnya.




Bapak ini adalah pemilik rumah di desa nantai Panjang. Beliau tidak bisa berbahasa Indonesia, sehingga kami sulit menanyakan namanya.... Saat kami pulang, kami meberikan sejumlah uang karena telah memperbolehkan kami untuk mengambil foto rumahnya :) Bapak ini ramah loh walaupun kami saling tidak mengerti bahasa masing2 ^^;




Ini adalah 3D rebuild rumah natai panjangnya...










No comments: