Feb 7, 2008

Donor Darah

Artikel ini diposting di sini


Wah...dah bulan februari nih.... Bulan rutin dimana saya biasanya menyumbangkan darah saya untuk yang membutuhkan :) Hehehehe.....bisa ga yah? Soalnya kurang istirahat nih....
Kegiatan rutin 3 bulanan ini sudah saya lakukan sejak saya kelas 2 SMA, tepatnya sejak ulang tahun saya ke 17 bulan november. Sampai sekarang hanya 2 kali bolong. Yang pertama sekitar semester 1 kuliah, pas bulan november saya sakit gejala thypus. Maklum...waktu itu masih jadi mahasiswa miskin yang makannya gak jelas karena harus irit2. Yang kedua sekitar semester 5, pas bulan november juga. Kalo ga salah juga gara2 saya sakit juga..... Aneh...kok bulan november terus???
Hmm....jadi sampai sekarang total sudah 39 kali donor. Donor terakhir juga pas bulan November, pas hari ulang tahun saya :D Sebagai perayaan peringatan donor pertama kali, pas ulang tahun juga :D 4 kali saya donor di PMI Pontianak sebelum saya berangkat ke Bandung untuk sekolah. Selanjutnya saya melanjutkan donor saya di Bandung sampai donor darah ke 19. Dari donor ke 20 sampai 39 dilakukan di Pontianak.
Ada perbedaan antara donor di PMI Pontianak dan PMI Bandung. Di PMI Pontianak, waktu awal-awal saya donor, tak banyak pendonor darahnya. Petugasnya saja heran kok saya mau-maunya donor darah ^_^; Selain itu perbedaan ini ada pada tata cara pemeriksaannya. Waktu pertama kali donor, saya cuma diperiksa tekanan darah saja. Golongan darah tidak diperiksa lagi karena saya sudah punya kartu golongan darah waktu pemeriksaan pas saya masih SMP. Setelah itu saya timbang badan dan masuk ke kamar donor. Selesai donor, saya ke kantin untuk menikmati 2 buah telur rebus dan satu gelas teh susu. Kalo di Bandung, pendonornya banyak!! tapi tetap aja siy kurang stok darahnya. Klo di Bandung kita bisa antrian untuk dapat donor. Padahal tempat tidur untuk donor nya aja waktu itu ada sekitar 10 buah. Di Pontianak cuma 4, dan syukur2 terisi 1 ^_^;. Soal makanan, mungkin Pontianak masih menang karena disediain 2 telur dan susu. Kalo di Bandung cuma ada Regall Marie yang bisa dimakan sepuas2nya dan satu kotak fruit tea apel. Tapi pemeriksaannya sudah bagus. Awal datang, tekanan darah sudah diperiksa dokter atau perawat disana. Setelah itu kita dipersilahkan untuk tiduran di tempat tidur sampai nanti ada perawat yang datang untuk mengambil darah. Diakhir pengambilan, diambil lagi sedikit darah kita untuk pemeriksaan lab. Sampai akhirnya saya kembali ke Pontianak, ternyata belum ada revolusi dalam tata cara donor darah di Pontianak. Sampai sekitar 2 tahun yang lalu, terjadi perombakan dalam tata cara donor darah di Pontianak, yang sepertinya mulai distandarkan. Saat kita datang, kita diminta untuk mengisi formulir donor, apakah sukarela ataupun untuk pasien tertentu. Setelah itu diperiksa tekanan darah dan Hb nya. Tekanan darah minimal yang diperbolekan untuk donor darah adalah 110/70. Kemudian Hb nya minimal 12,5. Setelah itu ditanyakan apakah kita pernah berpenyakit diabetes, lever, demam berdarah, atau malaria dalam 6 bulan terakhir. Kalo misalnya gak kita diperbolehkan untuk masuk ke ruangan donor. Perawat sudah siap untuk menyedot darah kita :D Awalnya darah yang diambil adalah sekitar 125 cc. Tapi mulai tahun lalu standarnya dinaikkan jadi 250 cc. Setelah donor, dipersilahkan untuk ke kantin untuk menikmati 2 telur rebus dan 1 gelas teh susu :).
Hehehehe.... sebenarnya saya paling takut sama jarum. Apalagi jarum donor darah itu sangat besar!!! Hiiiiii..... kalo dah dari awal ga niat, pasti saya ga bakal donor darah. Lalu kenapa saya donor darah? Awalnya mungkin karena terdokrin bahwa darah yang saya berikan bisa menyelamatkan jiwa orang lain yang membutuhkan. Tapi lama2 saya menikmatinya sebagai cara untuk me"refresh"kan darah saya, supaya kerja jantung dan ginjal saya lebih ringan. Jadi saya tidak mendonor untuk orang lain saja, tapi juga untuk kepentingan saya sendiri. Efeknya..... badan saya sehat dan bisa jadi gemuk, jarang sakit. Tapi kalo ga donor malah pusing2 ^_^;. Kalo dibilang efek candu siy saya bilang gak. Cuma badan yang sudah terbiasa diganti darahnya tiap 3 bulan, saat darah tidak diganti setelah 3 bulan pasti akan ada sedikit efek. Trus kalo yang pertama kali donor darah mungkin akan merasakan efek pusing karena darah yang sebelumnya belum pernah keluar dari tubuh dalam jumlah yang besar harus keluar. Trus tangan mungkin pegal-pegal karena baru dimasukin jarum besar ^_^;. Tapi semakin lama efek ini akan menghilang karena terbiasa. Paling yang ga hilang efek takut jarum :p
Oya...golongan darah yang paling banyak di Indonesia adalah O. Yang paling jarang adalah AB, disusul dengan B, dan A. Pendonor darah AB biasanya sangat selektif dalam mendonor. Mereka kadang2 hanya mau mendonor untuk orang yang mereka kenal, terutama saudara2 mereka. Maklum...jarang yang punya. Takutnya mereka bisa nolong orang lain tapi ga bisa nolong keluarga. Kan donor darah punya batas waktu untuk mendonor kembali, yaitu 75 hari. Patut waspada juga siy....Kalo orang yang golongan O siy santai aja. Stok nya memang kadang2 abis, tapi tetap agak mudah mendapatkannya.
Tips nih buat yang kesulitan untuk mencari pendonor untuk keluarga atau teman. Biasanya kalo di Pontianak orang2 minta tolong ke sekolah kepolisian (lupa namanya). Mereka sangat membantu kalo misalnya ada orang yang membutuhkan darah. Tips juga untuk yang punya keluarga atau teman yang bergolongan darah AB. Rajin2lah mendata orang2 yang bergolongan darah AB agar suatu saat jika diperlukan bisa dimintai bantuan darahnya. Maklum...darah belum bisa diganti jadi sintetis...... Drakula aja ga suka kok darah sintetis :p

Ok deh..... dah malam nih... harus istirahat supaya besok bisa donor....
Ayo semua....kita donor darah :D Biar nyawa orang bisa tertolong, dan badan kita sehat :D
Trus kalo kita butuh pertolongan, insyaallah ada yang nolong kita :) Amiin....





2 comments:

rizko said...

Good man :)

Rizko juga udah telat nih, seharusnya 24 Januari kemarin udah harus donor, besok deh Insya Allah ikutan ke PMI nyetor darah hehehe

Semoga kita semua dan keluarga di karuniakan kesehatan ya yud...

motosuki said...

hehehehe.... kan dari dulu juga dah jadi good man :p
ayo ko..donor :D
iya..semoga kita semua sehat yah :D amiin....