Aug 17, 2008

Kamarku yang Baru

Nah....kemaren sempat pusing cari kos. Sekarang dah dapat, dan alhamdulillah dah terisi dengan sedikit perlengapannnya. ketawa

Kisah kamar ini seperti takdir gitu. Waktu itu, hari Kamis 7 Agustus 2008, setelah dari kampus untuk perwalian, saya berniat untuk mencari kos di daerah sekeloa. Sempat menelpon sebuah kos untuk disurvey pagi hari nya. Niatnya memang mau mencari kos yang tidak terlalu masuk ke dalam, capek nanjaknya.basah

Dicobalah masuk ke jalan Kubang Selatan. Dulu ada teman yang kos disini, siapa tau ada kos2an yang kosong. Belum nyampai ke kosan lama teman, ada sebuah gang kecil yang membuat saya berhenti sebentar, dan saya memutuskan untuk masuk ke gang tersebut. Baru saya masuk ke dalam gang, saya berpapasan dengan 2 orang mahasiswa. Mungkin karena melihat saya celingak celinguk, mereka berasumsi kalo saya mencari kos. Dan akhirnya mereka bertanya "Nyari kos mas? Ada tuh disitu" sambil menunjuk lokasi kos yang sekarang menjadi kos saya. "Oya? Kamarnya besar ga?", tanya saya. "Besar mas. Ada kamar mandinya juga". Mahasiswa tersebut, yang akhirnya saya tau namanya Albi, adalah tetangga saya kosan. Dia juga baru masuk di hari yang sama dengan saya. Percakapan pun berlanjut ke masalah harga. Agak mahal juga pas dia bilang harga X dengan jangan waktu pertahun. Akhirnya Albi menyarankan saya untuk langsung saja ketemu sama ibu kosnya. Saya pun segera kesana.

Kesan pertama saya melihat kamar kosannya, kok enak? Kenapa? Karena pintunya terpisah dari pintu rumah ibu kos. Saya mulai melihat ke dalam, wah...kamarnya agak kotor. Maklum... sepertinya dah lama ga di cat dan dibersihkan. Terus dinding semen nya ada yang roboh plesterannya. Wah..gimana nih? Agak berkurang penilaian saya. Tapi si ibu meyakinkan kalo plesteran tersebut akan dibetulkan, dan kamar akan di cat ulang.

Akhirnya saya nego-nego harga. Kaget juga saya pas si ibu, Bu Mamat, menawarkan harga kamar sebesar Y. Padahal si Albi menginformasikan harganya X. Saya coba menawar lebih rendah dari harga X. Bu mamat menolak harga segitu. Saya bilang harga maksimal yang saya mampu adalah X. Karena si ibu belum mau juga, akhirnya saya tinggalkan kos tersebut, untuk survey ke kos yang saya telpon paginya. Nanjak lagi deh.basah

Akhirnya nemu juga tempat kosan nya setelah sempat keliling-keliling. Belum saya masuk, perasaan saya kurang sreg dengan kosan tersebut. Akhirnya saya tinggalkan dan saya coba cari di dekat FKG Unpad. Ga nemu juga. Akhirnya saya kembali ke kosan bu mamat. Saat saya datang, beliau bersedia untuk membuat kosan nya perbulan seperti yang saya harapkan. Tapi saya berkeberatan karena harga kos nya terlalu mahal. Dengan harga yang sama, saya bisa dapat kosan yang bagus, dengan kamar yang memang lebih kecil, tapi kamar mandi nya bagus. Nego lagi deh...... Dan diakhir nego, beliau bersedia menurunkan harga nya ke X, seperti yang ditawarkan pada Albi. Sip!!! Nego berhasil!! Tinggal satu nego lagi yang harus saya lakukan, yaitu menyicil 2x pembayaran.

Dengan alasan belum mampu membayar sedemikian besar dalam sekali waktu, akhirnya saya bisa mendapatkan nego 2x bayar. Pertimbangan lainnya mungkin karena anak si ibu ada yang nyari duit di kampung saya. Jadi beliau mau kos nya dicicil 2x.malu

Dan akhirnya, dalam waktu 3 hari kemudian kos ini selesai di renovasi. Saya masuk ke kos ini pada hari Minggu, 10 Agustus 2008. Nih foto-fotonya.Cengarcengir

No comments: