Feb 11, 2009

Arsitektur yang Islami [menurut saya]

buat saya... arsitektur islami itu arsitektur yang tidak merusak lingkungan ^_^

Kadang kita hanya terjebak pada penampilan semata, merefeksikan keislaman melalui keindahan bentuk dan ornamentasi ala timur-tengah. tapi kita melupakan prinsip dasar daripada beragama.

Manusia diutus kedunia ini adalah sebagai penguasa. tapi penguasa disini diberikan hak untuk mengelola dunia dari langit sampai bumi, tapi bukan berarti berhak untuk merusaknya. Malaikat sebenarnya sudah memprediksi kalo manusia pada akhirnya hanya akan merusak bumi ini, tapi Allah membantahnya dengan mengatakan "Sesungguhnya Aku lebih tahu dari apa yang engkau tahu".

Kerusakan yang telah terjadi dimuka bumi ini seharusnya menyadarkan kita para arsitek agar dapat mempertahankan sisa-sisa bumi yang masih ada, dan memperbaiki yang telah rusak, serta membuat suatu sistem baru yang lebih menjaga lingkungan.

Arsitektur yang Islami haruslah merujuk pada bumi. Melestarikan bumi yang kita tinggali adalah islami. Bukannya berarti saya tidak menghargai seni dalam arsitektur, karena sesungguhnya Islam pun menyukai keindahan. Tapi janganlah sampai keindahan menjadikan kerusakan.


Yuk...jadi arsitek Islami ^_^

3 comments:

mchilmy said...

sip, benar itu adanya pak. Islam melarang segala suatu pengrusakan, sedangkan arsitek banyak yang kurang peduli atas itu semua demi kepentingan sepihak.

vbi_djenggotten said...

bagi saya, berat banget mendefinisikan arsitektur yg islami...

brangkat dari kasus berikut:
saya pernah membaca cerita seorang alim (atau sunan bonang ya?) yang tidak mau menginjak rumput karena rumput itu juga punya hak hidup,
...dikaitkan dengan prakter berasitektur...
mungkinkah ini??? hahahaha...

atau pikiran saya yg terlalu naif...

hahahaha

motosuki said...

@hilmy : mudah2an kita tidak termasuk di dalamnya yah :)

@vbi_djenggotten : ya... kisah itu bisa dianggap sebagai bentuk ekstrim atas hak hidup mahluk hidup sekecil apapun... tapi bagi kita yang cuma manusia biasa, mencoba untuk tidak merusak lingkungan itu sudah hal yang luar biasa!!