Feb 27, 2009

Blackberry bagi Saya (Blackberry vs Nokia E71)



Trend baru blackberry semakin berkembang di Indonesia. Ramai-ramai orang beralih ke Blackberry, entah apa motifnya. Hape-hape bekas pun semakin banyak bergelimpangan, padahal hape-hape model terbaru dan harganya mahal pula. Banyak kasus yang saya temukan orang menjual hape nya hanya karena ingin mengganti ke Blackberry. Sebenarnya sih Blackberry?

Blackberry adalah handheld keluaran Research In Motion (RIM). Kelebihannya adalah fasilitas Push Email. Apa itu Push Email? Artinya email yang diterima ke inbox mail kita, akan di forward langsung ke blackberry kita layaknya SMS. Selain itu, kemampuannya untuk browsing internet sebebasnya dan dengan kecepatan yang cepat, karena sudah dikompresi oleh Blackberry. Selain itu handheld nya (kalo tidak mau disebut hape), dilengkapi dengan keypad QWERTY yang makin memudahkan dalam pengetikan email.

Nah..begitulah sekilas Blackberry....

Sekarang pertanyaannya, perlukah blackberry untuk anda? Seberapa mobile anda? Seberapa besar kebutuhan internet anda? Seberapa besar keperlukan akan push email untuk anda? Pertanyaan-pertanyaan ini lah yang harus dijawab untuk melihat seberapa besar kebutuhan anda untuk Blackberry.

Bagi saya...... saya belum membutuhkan Blackberry... Mari saya ungkapkan analisa saya

berdasarkan pertanyaan-pertanyaan diatas....


Seberapa mobile anda?

Lumayan mobile... walau ga begitu juga siy. Sulit mencari saya melalui telpon rumah, paling gampang itu kalo mencari saya melalui hape, karena hape saya online 24 jam (kecuali baterai habis). Tapi apa kebutuhan mobile harus dipenuhi dengan Blackberry? Kebutuhan mobile ini bisa ditutupi dengan hape biasa yang tidak semahal blackberry...


Seberapa besar kebutuhan internet kita?

Besar... saya pengguna internet berat. Setiap hari saya menggunakan internet nyaris 24 jam. Kasian laptop dan modem saya :p Dari sini sebenarnya Blackberry sudah mendapatkan poin plus karena kebebasannya berinternet (melalui blackberry tentunya). Tapi kebutuhan ini sudah bisa dipenuhi dengan internet unlimited yang saya pakai dan tentu saja dengan dukungan modem yang menunjang. Kalopun tidak ada modem, hape yang saya pakai sekarang sudah support sebagai modem.


Seberapa besar keperluan akan push email untuk anda?

Menurut saya tidak. Karena saya tidak menggunakan email untuk berkomunikasi dengan orang banyak. Pekerjaan saya pun tidak banyak melibatkan email. Sehingga email tidak harus saya periksa dengan cepat. Memang email pada blackberry bisa dijadikan seperti SMS, yang artinya gratis (bagi sesama pengguna blackberry tentunya). Masalahnya...tidak semua orang yang saya hubungi menggunakan Blackberry... jadi tetap saja bayar.. Lagipula saya jarang SMS-an... dan biaya SMS juga sudah murah (dan bahkan gratis untuk beberapa operator).


Nah...dari jawaban diatas, terjawablah sudah pertanyaan seberapa pentingnya Blackberry untuk saya. Cuma.. tidak dipungkiri saya pingin juga bebas internetan dengan membawa barang yang kecil seperti handheld atau hape. Akhirnya saya mencoba mencari solusi agar keinginan saya tercapai dengan biaya yang murah :)

Akhirnya saya menggunakan Nokia E71. Dengan fasilitas keyboard QWERTY, kemampuan yang dimiliki Blackberry akhirnya juga dimiliki E71. Bagaimana dengan internet nya? Saya menggunakan operator Telkomsel, dan mengaktifkan fasilitas internet Unlimited nya. Bagi yang menggunakan kartu yang tidak bisa unlimited, masih banyak alternatif lain yang murah, karena tarif GPRS sudah murah kok di Indonesia (asal online nya dari hape). Bagaimana dengan Push emailnya? Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, kebutuhan Push email blm penting bagi saya. Tapi jika memang saya harus mengecek email, saya bisa saja melakukan pengecekan email dari hape saya melalui internet. Toh internet nya juga sudah unlimited :) (kalo pun berbayar, masih terhitung murah).

Kemudian kalo saya jadikan hape sebagai modem, maka biaya internet tetap melalui account internet unlimited saya. Sedangkan jika Blackberry dijadikan modem, maka kita akan dikenakan biaya pulsa operator layaknya penggunaan biasa, bukan melalui biaya Blackberry yang sudah unlimited internet. Kemudian kalo saya bandingkan biaya nya, jika ingin menggunakan Blackberry maka saya harus membayar sebesar 180rb/bln
(ga tau kalo udah lebih murah). Sedangkan internet unlimited saya hanya 125rb/bln. Sedangkan untuk hapenya... Hape blackberry biasanya berharga diatas 6 juta.
Sedangkan E71 sekitar 5 juta juga siy...(naik harga gara2 dollar naik).


Akhirnya....saya tetap bisa internet-an mobile dengan hape saya seperti Blackberry.. dan menjuluki hape E71 saya dengan Nokia Rasa Blackberry ^^






27 comments:

deden said...

Nah, itu dia pak, sampai saat ini saya masih pake hape N81 sementara istri kemaren milih E71 setelah SE K800nya rusak parah.

Blackberry dengan segala kelebihan dan kekurangannya, saya liat gak beda jauh dengan fasilitas yang tersedia di Nokia E-Series. Toh jaman sekarang provider sekelas Yahoo dan Google bahkan hampir semua yang lain udah auto detect device yg kita pake, jadi begitu ke detect kita browse lewat hape, mereka udah langsung kasih kontent yg moblie friendly.

Gak percaya? Coba aja masuk ke Facebook dengan menggunakan E71.

Satu-satunya kelebihan Blackberry dari sudut pandang saya; harga yang lebih mahal. Sehingga banyak konsumen yang memilihnya sekedar dari sudut gengsi saja, selain kurang tau sisi teknologi internet saat ini dan mengira Blackberry jauh lebih canggih (padahal nggak juga) :D

Wah asik di sini Pak.

motosuki said...

hehehehe...terimakasih atas komentarnya :)
ternyata istri mas juga menggunakan E71 sebagai pilihan hidup :p
saya sering facebook-an lewat E71... dan bisa diatur pake tampilan mobile atau tampilan normal. YM-an dan Facebook messenger-an juga lewat E71 via ebuddy... terus cek email bisa manual lewat browser atau di setting ke inbox email kita. Bahkan nokia mengeluarkan program seperti Blackberry Connect. Sayang..berbayar...
Hehehe..klo asik, sering2 aja main kesini :)

deden said...

Yak begitulah mas, kadang jadi ngiri juga dengan N71 punya istri itu. Tapi sementara juga sayang dengan N81. hahaha

btw. saya sdh bergabung di GFC blog ini, dan kalau berkenan silahkan bergabung juga dgn GFC di blog saya yang di yehia.org

Soal kunjungan Insya'Allah akan saya kunjungi selanjutnya.

Teriring salam sukses selalu [3S]; deden, Samarinda wal ai.

ruparuparumpi said...

hidup handphone low end...awet dan nggak bikin gelo kalo error...huahahahah...saya pake SE seri J yang harganya cuma 425 ribu. sadar juga ternyata saya dengan konsep fungsi lebih penting ketimbang gengsi

Ivan said...

Saya ingin minta bantuan kpd rekan2 yang suda lebih dulu menggunakan e71.gimana sech carana byar bsa makek microsoft office???
tolong dikasih tahu secepatnya yaw...thank you,,,,

Anonymous said...

masih pusing milih ni antara BB javeline ato Nokia E71??..

Anonymous said...

wah, artikel menarik. saya pengguna e71 juga yang sering 'dihina-hina' sama pengguna BB. hahahaha.

pernah diledek bos saya, "udah pake BB mah males pake nokia".

loh kenapa ? tanya saya.

"bego sih. nggak bisa ngapa-ngapain," katanya sambil menunjuk e71 saya dibanding bold miliknya.

hahahaha ... yang bego siapa coba ?

e71 selevel sama bold - bukan sama javelin. kalo pengguna email aktif, saran saya pake BB. kalo bukan heavily email user, e71 or bahkan e63 sudah sangat bikin puas.

Anonymous said...

umumnya orang pengguna BB lebih senang menggunakan BB dibanding nokia karena ada fitur2 seperti BBM yang seperti sms namun semudah YM, mgkin sebagai masukan itu yg menjadi pertimbangan banyak orang.
Dan kebanyakan pengguna Nokia tidak bisa browsing sepuasnya menggunakan Pulsa krn tarifnya kl dihitung2 selama sebulan lebih mahal daripada menggunakan Blackberry.

motosuki said...

Klo anda baca kembali tulisan saya tentang biaya, argumen anda terbantahkan loh :) apalagi sekarang operator seluler menyediakan paket internet murah, misalkan telkomsel dengan paket flash 20k, biaya 20rb dapat 35 mb. Buat browsing di hape selama sebulan cukup lah :)

Anonymous said...

Saya baru beli E71, tapi tetep gak bisa push mail, udah minta bantuan teman juga tetep gak bisa.
Bisa dibantu tidak caranya???
Trus saya ingin YM saya aktif di E71 saya, tanpa lewat EBuddy, bisa dibantu tidak caranya???

motosuki said...

push email :
silahkan baca
http://www.giest.org/gadget/push-mail-untuk-nokia-e71.html

ym :
bisa juga setting IM bawaan nokia...tapi kurang bagus...
selain ebuddy, bole dicoba yamee

Armadis said...

ha,..ha. terimaksih mas,..mas, untung sya baca artikel mas ini, sya da kumpulkan semua tipe blackberry, dari harga seken hingga, baru jga smpai BM, karena juga penggemat internet berat kalau di HP....

axan333 said...

memang nokia e71 jadi powerfull asal kita tau aplikasi apa aja yang musti ada di situ, saya pake e71 dan aplikasi powerfull yang menurut saya harus ada: shozu ini buat kirim foto ke friendster, tweeter, facebook dan banyak lagi lwt e71 aplikasinya gratis tapi aktivasi khusus facebook agak ribet tapi setelah aktivasi kirim foto semudah di bb, baru untuk chat saya pake nimbuzz, ini aplikasi juga sangat powerfull untuk chat, dan untuk pushmail saya pake nokia mail, emoze dan blue whale, optional mau yang mana tapi tiga2nya powerful kok, dengan berlangganan telkomflash unliited corporate lengkaplah sudah nokia e71 ku dan bisa beating bb...hehehehe.....

motosuki said...

@armadis : wah.. fans BB ya :D
menarik siy.. sayang harga nya ga sesuai dengan kemampuannya :) mudah2an saya juga bisa menjalal BB suatu hari nanti

@axan333 : tepat sekali. dengan memanfaatkan software yang tepat, E71 bisa beating BB :D
sayangnya saya baru kehilangan E71 saya, bersama E51 dan audiovox 6700 karena dicuri maling T_T
Mudah2an kalo ada rejeki bisa beli E72 atau E52 sebagai successor nya :)

Anonymous said...

Mas, bisa kasih saran gak, saya berencana beli hp, kalo dipandingkan pda phone, ipaq 912 khususnya, ok yang mana ya? atau sma samsung i780, gmn? saya butuh aplikasi bisa baca e-book dan program skyscape? tq

motosuki said...

saya belum pernah mencoba hp ipaq 912, tapi kalo sekilas dilihat spesifikasinya, bagus juga.

khusus samsung i780, pda phone ini saya rekomendasikan karena memang bagus. keyboard qwerty nya nyaman dipakai, layar lebar, dan navigational key nya enak banget.. tinggal sentuh2 saja kayak touch pad, berbeda dengan E71 yang masih pake D-Pad atau Blackberry yang pake trackball. Yang saya dengar, Blackberry juga sudah menggunakan sistem navigational yang juga mengadopsi sistem Samsung i780.

Soal software, saya rasa kedua pda phone tersebut sama saja kemampuannya, sudah support windows mobile 6. Tapi kalo yang samsung i780, mungkin harus di upgrade yah wm6 nya, bawa aja ke galeri samsung nya dan minta di upgrade. kata teman saya siy gratis.

bayu_nugr said...

Black berry tetaplah menjadi hal yang menarik bagi saya, Black berry menurut saya keunggulannya adalah mobile dan bisa menjadikan suatu komunitas menjadi lebih komunikatif dengan blackberry messengernya yang bagus menurut saya. Mau share artikel atau foto mudah sekali.
Saya juga pengguna E71, awesome handphone, mbak saya juga memakai hape yang sama.
Semoga saja lebih banyak aplikasi yang bisa diunduh untuk E71,=D

Anonymous said...

Hallo... Saya Novian-P...
sayang sekali saya kurang pandai bercerita.... saya mempunyai hobby utak atik mengupas kemampuan setiap barang yang saya miliki, terlebih lagi yang berhubungan dengan IT dan komunikasi... mulai dari nokia pertama sampai yang high end seperti sekarang saya bersyukur sudah saya kupas...
mungkin lebih singkatnya saya.. ingin menyampaikan kepada bapak2.. sebetulnya jauh sebelum ada Blackberry semua fasilitas sudah ada di Nokia... cuma sayangnya nokia terlalu menyepelekan dari segi marketingnya (karena dulu kan belum ada pembanding).. sebetulnya fasilitas push email, chatting, bowsing, voip, dll. sudah saya gunakan sebelum Blackberry lahir... bedanya ketika kita membeli hp nokia program/software yang kita inginkan harus kita install sendiri(menurut saya ini karena saking banyaknya pilihan), tetapi ketika kita membeli BB, program sudah terinstall... sehingga kelihatannya BB lebih lengkap...
seperti contohnya..
ketika saya memakai nokia 3230 dan N73 saya sudah menggunakan push email dan chatting bahkan saya bisa menggunakannya sebagai remote TV....
sebetulnya Nokia Memiliki Nokia Messaging (http://www.email.nokia.com) (seperti saya katakan diatas, maaf kurang pandai menjelaskan, mungkin karena terlalu autis di depan PC... hehehe...) Nokia messaging adalah fasilitas push email yang di sediakan oleh nokia, bahkan bisa untuk 10 alamat email sekaligus..., dan seperti BB, dulu nokiapun memiliki nokia Messenger..(Seperti BB Messenger) saya kurang tau apakah sekarang masih bisa di gunakan, karena dulu belum banyak orang mengetahui... jadi kalo saya pake nokia messenger pada saat itu mau chatting sama siapa... hehehe...

Ketika saya menggunakan E71 memang merasa semakin puas karena Layar yang besar dan resolusi bagus.. serta kecepatan processornya lebih cepat dari N73( tapi Camera N73 belum ada yang ngalahin deh)sayangnya dengan keyboard QWRTY, agak repot juga kalo nyetir sambil ngetik (maklum di jakarta biar peraturan nggak boleh, tapi tetep di lakukan), jadi saya coba beralih ke E52, dengan menggunakan fasilitas writing prediction (T-9), saya bisa ngetik dengan 1 tangan sekaligus dengan kecepatan ketik QWRTY... heheh...
Bahkan sekarang saya bisa menggunakan E52 saya sebagai Remote PC... baru baru ini saya melakukan Presentasi dengan menggunakan Microsoft Power Point dengan posisi saya berdiri jauh dari Notebook, saya kendalikan notebook dengan E52 saya...

jadi menurut saya... Nokia "kelihatannya" Hp yang Bodoh..., tetapi Blackberry "kelihatannya" pemiliknya yang bodoh.... he..he..he...


bahkan saya bisa menggunakan nokia

Anonymous said...

1 Lagi Pak, saya bisa perhitungkan kalau penggunaan Pulsa lebih murah Nokia di bandingkan BB...

motosuki said...

@bayu nugraha : hehehe.. kelebihan blackberry karena telah terinstall semua aplikasi yang dibutuhkan :)

@novian : wah.. hebat sekali anda :) kalah deh saya. dulu waktu masih pake nokia 3660 saya baru bisa pake buat chatting dan dijadiin modem via bluetooth aja. ga pernah coba buat push email :)

Anonymous said...

saya mau beli gemini,tapi saya bingung juga karena saya ingin menjadikan hp saya sebagai modem,,
apakah bb gemini bisa jadi modem??

tapi saya juga kepincut dengan touch pad nya gemini...

dan harganya tak jauh beda,,
bingung saya...
e71 new 2.9
bb new gemini 2.9

motosuki said...

@anonymous :
ga tau juga ya gemini bisa atau ga dijadiin modem. tapi yang saya tau, percuma saja kalo beli blackberry gemini mahal2 cuma utk dijadiin modem. karena gemini cuma support di jaringan 2G alias masih GPRS. sudah dipastikan kalo dipake buat browsing di komputer bakal lelet setengah mati. kalo pake bold sih masih mending, karena udah 3G. Kalo utk nokia E71, bole lah utk dijadikan modem, karena udah support HSDPA.
tapi... utk apa mahal2 beli blackberry kalau hanya utk dijadikan modem? mending beli modem aja sekalian :D pendapat yang sama juga saya lontarkan utk E71. walau saya pribadi kadang2 masih menggunakan E71 saya utk modem kalo kebetulan darurat, dan ga bawa modem :D

chocho said...

artikel yang bakus
saya pengguna E63 dan sangat puas
untuk pushmail saya jarang pakai maklum masih pelajar heheheheh
tapi kalo aplikasi chat yang ada di E63 sering saya gunakan itu bisa terhubung ke YM,Gtalk,Windows live, sama ovi chat
kalo BB sih hm gak deh Gengsi doank sama BBM sekarang kan orang gengsi kalo ketemuan nanya nya pin BB cape deh sekalian aja tanya pin ATM heheheh
ONYX yang menurut saya sangat mahal untuk fitur yang biasa saja di banding E72 yang fiturnya Wah onyx lebih cocok disandingkan dengan nokia 5800 yang cuma 2,8 juta lah sekarang nokia juga mengeluarkan layanan bulanan seperti bb

sand said...

Satu lagi....E71 bisa di instal garmin mobile xt. Navigasinya pake suara lg, mantap!!!

eva said...

Wah... alhamdulillah.. setelah sempat bimbang antara pilih e71 atau Gemini.Akhirnya pilihan saya jatuh ke E71 dan setelah baca artikel ini makin memantapkan saya untuk tidak perlu beralih kelain hati.

INDRA LUMBANTOBING said...

Bagus ni artikel, dulu saya mw bli BB,tapi klo dipikir2 juga, BBM cma bisa sesama aja, gmana yg gk punya BB,tapi saya mw nanya ni,menurut mas2 sekalian nokia E6 gimana ya?apa bisa dijadiin modem?

motosuki said...

Nokia E6 bisa dijadikan modem. Silahkan install Ovi Suite / Nokia PC Suite agar bisa memfungsikan nya sebagai modem. Jangan lupa langganan paket data :)