Mar 3, 2008

IT Fans Show - 2 Maret 2008 - Late Report (Event Lokal Netter Pontianak)

Kembali komunitas internet Kalbar, khususnya di Pontianak bertemu secara rutin dalam rangka IT Fans Show yang digelar oleh gabungan komunitas internet dengan dukungan Telkom. Bertempat di Plasa Telkom, sekitar 50 orang, baik di dalam komunitas maupun di luar komunitas berkumpul untuk berbagi pengetahuan tentang dunia internet.
Sekitar pukul 19.00, segala persiapan telah dibuat. LCD Projector beserta Screen dan sound system sudah tersedia. Beberapa peserta yang memang berniat datang ke acara ini maupun hanya sekedar singgah untuk surfing di Cafe Telkom sudah cukup ramai. Seharusnya acara sudah dimulai pukul 20.00. Tapi pemateri yang kali ini dipercayakan kepada "Pcyco" belum dapat hadir di tempat karena masih dalam perjalanan. Akhirnya acara ini dimulai setelah 20.30.
Cuaca yang agak panas dan cerah karena sudah beberapa lama tidak hujan malam itu tidak menyurutkan niat para peserta untuk beranjak dari meja masing-masing. Materi pun dibawakan oleh Didik Samsul Arifin dari Pcyco dengan materi "Internet via gprs/cdma". Materi yang dipersiapkan dengan macromedia flash ini mengalami kendala karena tidak ada kabel sound yang dipersiapkan untuk masuk ke laptop. Tapi dengan bantuan panitia, didapatlah speaker eksternal yang didekatkan dengan mik, sehingga suara dapat terdengar. Ada sedikit joke yang dilemparkan oleh pemateri tentang operator telekomunikasi yang menyediakan jasa internet dengan tarif termurah, yaitu "Pren". Kenapa murah? Karena tinggal bilang "Pren, pinjam hape nya dong" maka biaya komunikasi dapat ditekan :p
Penjelasan yang diberikan cukup jelas, dan pemateri bersedia untuk membagi materi tersebut melalui website pcyco di http://pcyco.or.id.
Setelah sesi presentasi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pertanyaan pun mengalir dari para peserta. Ada pula yang menambahkan tentang isi dari materi tersebut. Tanya jawab pun berlangsung cukup lama, sampai jam 21.30.
Setelah itu acara dilanjutkan dengan acara tambahan, yaitu sedikit promo (klo boleh saya bilang begitu yah) dari Agustinus Stephen dengan bukunya "File Piracy". Buku yang membahas tentang pembajakan file dan telah diterbitkan oleh Elex Media pada bulan Oktober 2007 lalu. Review dapat dilihat di http://elexmedia.multiply.com/reviews/item/261.
Acara berikutnya...... terus terang kontributor tidak mengetahuinya... karena kontributor pulang :p Mohon dilanjutkan review nya :) Tapi menurut Saudara Rovich, acara diakhiri jam 22.00....

(Kontributor : Yudhiarma dan Anggareni, konsultasi via YM hari Selasa 4 Maret 2008 jam 02.30 - 03.10)

No comments: