Mar 31, 2008

Star Trek : Voyager

Menjelang kedatangan pesanan jaket Starfleet Officer dari StarTrek Indo, aku kembali melanjutkan hobi nonton Star Trek ku yang sempat tertunda. Setelah menyelesaikan 4 season Star Trek : Enterprise dan 7 season Star Trek : The Next Generation, kini saatnya melanjutkan ke Star Trek : Voyager.

Kisah Star Trek : Voyager adalah series ke empat yang ditayangkan tahun 1995 - 2001. Berkisah tentang USS Voyager yang diluncurkan pada tahun 2371 yang dikapteni oleh seorang kapten perempuan, Capt. Katheryn Janeway. Misi 2 minggu yang tadinya hanya untuk menangkap pemberontak Maquis ini akhirnya harus berakhir dengan misi 70 tahun (jika ditempuh dengan perjalanan tercepat Voyager, Warp 9,9) untuk kembali dari Quadran Delta ke Quadran Alpha.
Yang menyebabkan Voyager terlempar dari Quadrant Alpha ke Quadrant Delta ini adalah sebuah worm hole yang dikendalikan oleh "Care Taker", sehingga terdamparlah Voyager dan kru Maquis sejauh 70.000 tahun cahaya. Sendirian di wilayah yang sangat jauh dari rumah membuat Voyager harus benar explore dunia baru yang belum mereka ketahui.
Awak Voyager dan kru Maquis akhirnya harus bersatu dan bahu-membahu untuk dapat kembali ke bumi. Segala kemungkinan dan teknologi dicari untuk dapat mempercepat perjalanan kembali atau memperpendek jarak tempuh untuk kembali ke bumi.
Seperti layaknya para penjelajah, tentu menemukan banyak teman dan banyak lawan. Salah satu lawan mereka adalah Kazon. Bangsa yang menginginkan teknologi replikator Federasi ini terus memburu Voyager, agar dapat mendapatkan teknologi replikator untuk memenuhi kebutuhan mereka akan air. Tidak hanya Kazon, Vidiians juga mengejar Voyager karena ke-kompatibel-an gen Vidiians dengan Human. Vidiians adalah alien yang terkena penyakit yang tak dapat disembuhkan, sehingga untuk bertahan hidup, mereka harus mengambil organ tubuh dari ras lain. Voyager pun juga berurusan dengan musuh Federasi yang paling berbahaya, Borg. Bahkan seorang Borg yang berasal dari manusia berhasil diselamatkan Capt.Janeway. Dia adalah Seven of Nine, yang akhirnya dipanggil sebagai Seven.
Tapi diantara begitu banyak musuh, Voyager juga berhasil membuat pertemanan dengan beberapa ras, seperti Talaxians dan Ocampa. Bahkan dua orang dari ras Talaxians dan Ocampa ini ikut serta dalam perjalanan Voyager. Mereka adalah Neelix dan Kes. Sepasang kekasih ini memutuskan untuk membantu Voyager kembali ke bumi. Dengan pengetahuan Neelix yang cukup luas tentang Quadrant Delta, dan kepandaian Kes dalam ilmu pengobatan, mereka menjadi additional crue yang sangat berharga buat Voyager.
Jika di ST:TNG ada Data, maka ciri khas di Voyager adalah Dr.EMH (Emergency Medical Holographic). Seorang dokter hologram yang memiliki program adaptive yang terpaksa harus aktif selama perjalanan ini karena dokter utama Voyager tewas saat perpindahan dari Quadrant Alpha ke Quadrant Delta. Dokter yang tadinya hanya bisa beredar di Sickbay ini akhirnya dapat menjalankan misi luar dengan bantuan alat yang dapat mempertahankan kesolidan holographic nya. Sikap sang dokter yang tadinya sangat menyebalkan lama-lama berubah menjadi dokter yang bisa diandalkan dan akhirnya berteman baik dengan Capt. Janeway.
Perjalanan pulang mereka yang panjang ini akhirnya tidak harus mencapai 70 tahun, karena dengan teknologi yang mereka dapat dari Borg, akhinya mereka dapat kembali ke bumi pada tahun 2378. Tentu saja banyak yang berubah sejak Voyager berangkat sampai kembali ke bumi, dari sisi kru yang berkurang dan bertambah, model pesawat yang akhirnya terintegrasi dengan teknologi Borg, dan sebagainya.
Berikut ini adalah gambar-gambar yang berhubungan dengan Star Trek : Voyager


Kru Voyager season 1 sampai 3
dari kiri ke kanan : Neelix, Chakotay, Harry Kim, Capt.Janeway (bawah), Kes (atas), Tom Paris, Tuvok, Dr.EMH, B'lanna Torres



Kru Voyager dari season 4 sampai season 7 :
dari kiri ke kanan :Harry Kim, Seven of Nine, Dr.EMH, Neelix, Capt. Janeway, Chakotay, B'lanna Torres, Tom Paris, Tuvok


USS Voyager dengan nomor registri Starship NCC 74656

Voyager Deck Plan


Voyager yang di tambah dengan komponen Borg.


All story, character, picture is trademark of Gene Rodenberry, Paramount Picture, and taken from http://memory-alpha.org/en/wiki

No comments: