Mar 20, 2008

Setting Modem Router ADSL Agar Bisa Konek Ke Internet Dengan Mendial Manual

Posting ini terinspirasi dari hasil pertanyaan saya di speedykalbar dot com


Saya pengguna speedy personal dengan quota 50 jam. Tujuan saya mengambil paket quota waktu adalah supaya saya bisa meng"unduh" file sepuas-puasnya selama masa 50 jam tersebut Cuma kadang-kadang saya harus meninggalkan unduhan saya karena ada kepentingan lain, sementara unduhan saya tidak dapat di cancel karena tidak dapat di resume. Akhirnya saya tinggalkan unduhan saya tetap berjalan, sementara saya pulang beberapa waktu kemudian, di saat unduhan saya sudah selesai sejak jauh waktu. Akhirnya, koneksi speedy saya terus berjalan, sementara ga ada yang make. Pertanyaan : Adakah cara supaya modem speedy bisa dimatikan dengan cara timer supaya dia tidak terus berjalan? Jika ada, apakah modem benar2 mati total atau secara koneksi tidak berjalan (tidak masuk billing speedy) tapi tetap dalam keadaan hidup teraliri listrik? Jika ada, apakah bisa di remote lewat hape? Jika tidak ada, jangan berkomentar untuk menyarankan saya mengganti koneksi saya dengan quota data 1 GB atau unlimitted Terimakasih atas jawabannya

Nah....pada saat IT Fans Show di PCC tadi malam, dijelaskan oleh salah satu staf Telkom Speedy tentang pertanyaan saya tersebut. Solusi nya adalah membuat koneksi Speedy tanpa dial otomatis dari modem router, tapi dari komputer. Dan saya yang masih awam soal IT, baru tau caranya adalah dengan membuat koneksi dengan mode Brigde.
Caranya begini :

Pertama-tama, masuk dulu ke modem ADSL anda. Biasanya siy di browser kita ketik aja
192.168.1.1. Atau beberapa modem memiliki alamat tertentu, sesuai dengan ketentuan dari pembuat modem.
Setelah itu kita masuk ke sistem modem nya dengan mengetik user name dan password. Biasanya siy username : admin password : admin. Tapi sebaiknya kita mengganti username dan password nya agar tidak mudah di hack/crack sama yang berkepentingan buruk :)
Setelah berhasil masuk, maka tampilan awalnya kurang lebih seperti ini, tergantung dari pembuat modem nya yah :)


Kemudian kita akan membuat koneksi baru di modem tersebut, caranya bisa melalui wizard, atau pun langsung membuat koneksi di bagian WAN seperti di bawah ini :


Kemudian dilanjutkan dengan membuat koneksi baru dengan mode bridge.


Setelah itu kita submit, dan save setting modem.
Langkah berikutnya adalah membuat koneksi WAN di komputer kita. Caranya adalah sebagai berikut :

Buat koneksi seperti membuat koneksi dial up biasa.


Selanjutnya pilih Connect to the Internet. Klik Next, kemudian pilih Setup My Connection Manually. Klik Next, kemudian akan muncul layar seperti ini :


Pilihlah Connect using a broadband connection that required a user name and password. Klik Next. Setelah itu di nemasukkan nama ISP atau bebas. Kemudian dilanjutkan dengan memasukkan user name dan password nya :


Setelah itu klik next, dan proses pembuatan koneksi selesai. Buatlah shortcut ke desktop anda untuk memudahkan proses dial. Munculnya akan sama seperti dial up, cuma ga ada no telp yang harus di dial, seperti ini :

Setelah di dial, maka komputer akan terkoneksi dengan internet, dan saya pun bisa meninggalkan tidur donlotan saya tanpa khawatir quota time base internet saya tersia-siakan karena saya lupa matiin modem :p

Hehehehe...happy downloading :D

3 comments:

bheri said...

Kayaknya belum selesai, dari mana kita tahu kalau download selesai & koneksi speedy time base kita di stop ?

Mungkin salah satu caranya, seperti pasang timer di komputer kita, kalau udah sekian jam, maka dibuat standbye atau shutdown. maka koneksi putus dengan sendirinya.

any idea ?

motosuki said...

iya...hal ini yang lupa saya tambahkan dalam tulisan tadi :)

caranya yaitu dengan menggunakan program download manager. di set aja kalo download nya dah beres, komputernya di autoshutdown :)


tadi nya siy ada ketakutan kalo billing speedy tetap berjalan karena ga mengklik tombol disconnect dari komputer, soalnya saya punya pengalaman kehilangan pulsa 25rb gara2 ga ngeklik tombol diskonek di web waktu pake telkomsel flash :(

renno said...

Kalo boleh nambahin, Di setting modem untuk JKNetwork biasanya ada timernya, pada menu Dial On Demand, with idle timed out kita set aja waktu kapan koneksi putus sendiri, tentunya ini hanya berlaku jika kita lupa matiin modem atau meng-Disconnect koneksi ADSL kita.