Oct 21, 2008

My Mobile Internet Modem

Semenjak kenal dengan internet mobile, sudah ada beberapa modem yang saya gunakan untuk berinternetan.

Pertama-tama modem yang saya gunakan adalah hape Nokia 3660, dengan menggunakan koneksi dari Matrix. Duh..mahalnya minta ampun!!! Maklum, waktu itu biaya GPRS Indosat adalah Rp.10/kb. Awalnya digunakan dengan mengkoneksikan hape nokia 3660 dengan komputer via infra red. Kecepatannya lambat sekali!!! Maklum, transfer via infrared kan lambat :)
Kemudian muncul lah cara kedua, yaitu dengan menggunakan koneksi bluetooth. Dengan cara ini koneksi bisa lebih baik dibanding dengan infra red. Tapi tetap saja, lambat :) Soalnya hape nokia 3660 ini cuma support GPRS class 8.



Kedua saya mulai menggunakan hape Nokia 2116 CDMA, yang saya gunakan untuk internetan dengan kartu Flexi Trendi. Maklum... ga ada Fren di Pontianak, jadi pakenya yang ada aja :) Agak susah dalam proses instalasi, karena tidak bersifat plug n play. Koneksinya pun sering putus, kemungkinan disebabkan oleh kabel yang digunakan bukan kabel original, dan jaringan flexi yang belum bagus.




Ketiga saya menggunakan hape Sony Ericcson W850i, hape yang sudah support 3G. Koneksi dengan hape ini menggunakan kartu Halo dengan jaringan Telkomsel Flash. Wah...lumayan puas :D Walaupun sering juga koneksi terputus karena sinyal 3G nya belum bisa diandalkan, dan kemampuan hape untuk menjaga kestabilan sinyal tidak sebaik modem. Saya menggunakan Sony Ericcson W850i ini dengan kabel data atau pun bluetooth. Lebih enak pake kabel data siy, karena selain lebih cepat, hape juga sekalian di charge.




Keempat saya menggunakan PDA Audiovox 6700 CDMA untuk menggantikan nokia 2116 yang saya berikan kepada adik saya. Teknologi PDA ini sudah tercanggih. Support untuk jaringan EVDO, walaupun operator jaringan CDMA yang menggunakan EVDO baru Fren dan Smart, dan kedua nya belum masuk ke Pontianak (bahkan pada waktu itu Smart belum ada). PDA ini juga support wifi, jadi saya bisa konek asal ada wifi, walau wifi nya agak cerewet.



Kelima akhirnya saya menggunakan modem khusus, bukan hape. Setelah puas menggunakan hape sebagai modem, akhirnya saya jatuh hati pada Sierra Aircard 875 PCMCIA, dengan menggunakan koneksi Telkomsel Flash Time Based 200rb/bulan, yang kedepan nya saya ganti dengan Indosat time based, dan akhirnya kembali lagi ke Flash Unlimited. Ini modem memang jagoan!! Review modem ini bisa dilihat di sini.





Keenam, semenjak hilangnya hape Sony Ericsson W850i milik saya, akhirnya saya memutuskan untuk menggantinya dengan hape Nokia E51. Hape yang support 3,5G laju juga kalo dipake internetan :) Apalagi dia juga didukung dengan fasilitas wifi. Kalo mobile, saya menggunakan hape ini untuk internetan dengan kartu Matrix, karena memang no utama saya menggunakan matrix. Untung sekarang GPRS nya cuma Rp.1/kb :D





Ketujuh, saya menggunakan Sierra Aircard 881u USB sebagai pengganti Sierra 875 PCMCIA yang akan saya kirim ke Pontianak (sekarang lagi di Bandung). Koneksi masih teteup menggunakan Telkomsel Flash Unlimited dan sekarang lagi di tes ketahanannya selama 24 jam (sewaktu postingan ini dibuat, sudah 8 jam 20 menit online). Sempat juga saya tes dengan kartu IndosatM2 Unlimited, dan hasilnya sudah ada di review ini. Sedangkan review alatnya saya buat disini.


Entah modem apalagi yang akan saya gunakan untuk internet mobile. Tapi sejauh ini, saya puas dengan kinerja 3 modem terakhir :D Hehehehehehe......

2 comments:

coffeeoriental said...

wah kalo saya pake se w830i buat dijadiin modem, dan dipasangin sama im3 :D

salam kenal

motosuki said...

hmmm... w830i jalan di jaringan gprs...
kalo sinyal indosat di kota kamu bisa 3G, paket ini sangat direkomendasikan. Tapi kalo cuma gprs pun saya yakin masih lebih murah dari IM3 (dengan asumsi kamu pengguna internet berat)