Jul 13, 2008

Tagihan Campur Aduk Telkomsel Flash Unlimited

Sejak diluncurkannya paket Telkomsel Flash Unlimited, bagi pengguna Flash Unlimited tidak dapat lagi mengetahui jumlah pemakaian sebenarnya dari nomor GSM yang digunakan. Mengapa demikian? Hal ini terjadi karena masih dihitungnya tarif Flash Unlimited seperti penggunaan GPRS biasa. Hal ini bisa sangat membingungkan pelanggan, walaupun nanti diakhir bulan tarif ini akan dikoreksi karena paket Flash Unlimited nilai nya tetap. Kebingungan ini bisa terjadi karena campur aduk tarif antara GPRS biasa dengan Flash Unlimited. Berikut ini adalah cuplikan tagihan Halo Bebas Abodemen yang saya gunakan saat mengecek tagihan melalui *888# :

Jumlah pemakaian sampai saat ini Rp.37.759.886. Jumlah tersebut belum termasuk abodemen,PPn, dan Internasional Roaming. video Call ke 3603, pilih menu kompetisi.

Bayangkan saja kalo memang tagihan Halo saya segitu.... Seumur hidup bayarnya juga ga bakal abis kayaknya
Ada beberapa kejadian yang saya baca di internet, bahwa tagihan Halo mereka membengkak karena berlangganan Flash. Kenapa bisa begitu?? Hal ini terjadi biasanya karena penggunaan Flash Unlimited yang belum aktif, sehingga masih dikenakan tarif GPRS normal (15/kb, dan katanya dah turun ke 5/kb).
Oleh karena itu, ada beberapa tips yang mungkin bisa melindungi kita dari pembengkakan tagihan karena terkena tarif GPRS. Tips nya adalah sebagai berikut :

1. Pastikan anda mendaftar di awal masa penagihan (bisa ditanyakan ke telkomsel), sehingga anda tidak rugi karena harus membayar mahal untuk pemakaian beberapa hari. Atau daftarkan di akhir masa penagihan, dan minta diaktifkan di awal masa penagihan.
2. Saat anda mendaftar, pastikan anda mencatat nama CS yang melayani anda, dan mintakan CS tersebut untuk menghubungi anda saat paket Flash Unlimited anda sudah aktif. Sebaiknya pemberitahuan ini dalam bentuk tertulis / sms, sehingga bukti anda lebih kuat.
3. Jika sudah ada konfirmasi dari CS, jangan buru-buru menggunakan Flash anda. Telpon lagi ke 111 untuk memastikan Flash Unlimited anda aktif. Tidak lupa anda catat nama operator yang menerima telpon, dan tanggal, jam, saat anda menelpon.
4. Jika konfirmasi dari 111 sudah oke, silahkan menggunakan Flash anda. Tapi alangkah lebih baik anda bersabar sehari, dan telpon kembali di hari berikutnya.
5. Minta setting kan flash anda langsung oleh CS, supaya tidak ada masalah dikemudian hari hanya karena setting awal tidak dilakukan oleh CS (kadang-kadang pihak Telkomsel mencari kesempatan ini untuk membela diri jika ada masalah tarif dikemudian hari, dan menganggap pelanggan seperti orang awan dalam dunia internet, terutama dunia internet lewat GPRS).
6. Jika anda mensetting sendiri, pastikan APN nya adalah "internet" atau "telkomsel" (disarankan menggunakan APN internet, karena ada kekhawatiran APN telkomsel dikenakan tarif gprs normal).
7. Dan terakhir, gunakan kartu Halo khusus untuk internet, jangan dicampur aduk dengan penggunaan lain seperti SMS dan Telepon, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.


Nah... itu tips nya.....
Jika anda sudah menjadi pelanggan, mari kita sama-sama komplain ke Telkomsel, agar tarif penggunaan internet tidak dicantumkan sebagai tarif GPRS normal. Biar ga bingung gitu loh :D

7 comments:

mriza said...

Wah... kirain saya doank yang angka tagihan nya jutaan...

Btw, apa iya APN berpengaruh?
Soal nya saya sering pake APN telkomsel, ntah mengapa rasanya agak beda dikit aja...

motosuki said...

banyak yang pake APN telkomsel, mungkin karena jalur ini lebih sepi daripada APN internet.
Sebenarnya APN telkomsel hanya digunakan untuk gprs dari hape, bukan dari flash. Tarif nya seharusnya beda, tapi karena no flash sudah terdaftar sebagai internet unlimited, jadi ga kena tarif gprs normal.
Tapi saya siy cari aman ajah, pake APN internet :)

annmolly said...

para pengguna flash unlimited itu khan seleb semua wajar aja tagihannya puluhan juta tiap bulannya. :-)

motosuki said...

hehehe...seleb cap kaki tiga? :p

amalia said...

sy termasuk pelanggan baru kartu halo. dapetin kartunya aja ribet, krn sy msh mahasiswa kudu pk srt pernyataan lah..
sayangnya, sy dah kejebak, sy pk flash yg volume base, lumayan donlot ampe 20mb-an. trs g lama, sy dftr flash unlimited basic yg 125rb. waktu cek tagihan, k *888# jumlahnya 9jtan. panik bgt n bikin g bisa tdr. bsknya k grapari bekasi, n mrk bilang itu bkn tghn asli sy, yg asli sktr 320rb-an. sy pikir akhir bulan sy byr 320rb-an krn kartunya cuma untuk internetan aja. tp ternyata tghn smpe 500rb-an. kaget lagi deh, kecewa banget.. krn g ada rincian gprsnya.. hrsnya g sampe segitu menurut perkiraan sy. sy merasa tertipu bgt.. hiks-hiks.. apa yg hrs sy perbuat? soalnya sayang dah beli telkom flash..

motosuki said...

klo masih sayang, dipake aja terus mbak :)
yang penting kan tagihan flash unlimited nya sekarang dah aktif, jadi ga perlu khawatir lagi jebol kayak sebelumnya :)

Armand said...

semoga oh semoga tagihan saya di awal bulan gak membengkak. Pasalnya klo ngecek di *888# dikenakan tarif reguler, sementara udah konfirmasi ke Call Center 111 dan katanya udah aktif. Semoga oh semoga...