Apr 18, 2008

Hidup di Star Ship



Era Star Trek adalah era penjelajahan ruang angkasa. Dari kapal bintang (starship) sampai ke kapal angkut (freighter). Era penjelajahan yang dimulai sejak ditemukannya mesin warp oleh Cochrain ini mengubah cara hidup manusia di jaman Star Trek. Pertemuan dengan ras ras alien seperti Vulcan, Klingon, Andorian, Tholian dan sebagainya menjadikan hubungan sosial bukan hanya antar ras Human, tapi juga antar ras alien.

Ras alien pertama yang secara resmi datang ke bumi adalah Vulcan. Kemampuan penjelajahan mereka sudah jauh lebih tinggi dari kemampuan manusia. Di awal era penjelajahan, Vulcan menentang keinginan manusia untuk menjelajahi ruang angkasa lebih jauh dari Bima Sakti. Hal ini disebabkan oleh kekhawatiran Vulcan akan ketidaksiapan manusia dalam hal melakukan misi first contact dengan ras alien lain. Keberatan ini sangat jelas saat peluncuran Starship Enterprise pertama, NX-01 yang dikapteni oleh Capt. Jonathan Archer. Tapi keputusan manusia telah bulat. Manusia pun ingin menjelajah ruang angkasa yang luas, dan melakukan kontak pertama dengan alien lain. Dan pandangan Vulcan ternyata salah, karena pada akhirnya peranan manusia lah yang akhirnya bisa menyatukan pihak-pihak yang berseteru dalam satu ikatan bernama Federation. Dengan adanya federasi ini lah membuat perjalanan ruang angkasa makin sering dilakukan, baik oleh militer, pedagang, maupun turis.

Bagi turis, hidup di pesawat ruang angkasa bukanlah tujuan utama. Perjalanan ke planet-planet eksotis seperti Risa adalah tujuan utama mereka. Sedangkan bagi pedagang, perjalanan ke planet lain adalah demi penghidupan mereka. Dengan kapal-kapal yang kecepatannya warp nya rendah, tentu mereka nyaris menghabiskan lebih banyak waktu di angkasa. Begitu juga dengan awak kapal bintang federasi.

Dalam Star Trek : Enterprise, hidup di luar angkasa bagi para pedagang adalah bagaikan hidup bersama keluarga mereka. Pilot NX-01 adalah anak yang dibesarkan dalam sebuah kapal bintang. Bagi pedagang, kapal dagang mereka juga merupakan rumah bagi keluarga besar mereka. Tempat dimana anak-anak mereka lahir, bermain, dan belajar. Sedangkan di NX-01, hidup belum lah senyaman di NCC-1701 D di era Star Trek : The Next Generation. di NX-01, kapal tempat tinggal Capt, Archer dan kru sangat sempit. Bahkan untuk kru dengan pangkat rendah harus berbagi kamar dengan kru lainnya. Kru pun tidak diperkenankan membawa keluarga karena situasi di luar angkasa yang masih belum stabil. Masih terlalu banyak pertikaian antar ras alien. Selain itu alasan kapal yang masih kecil juga menyebabkan tidak boleh membawa keluarga dalam kapal bintang. Di STNG, hidup bisa lebih nyaman karena fasilitas yang disediakan lengkap, termasuk untuk keluarga.

Hehehehe...segitu dulu deh tulisannya.... ntar disambung lagi kalo lagi mood :p



status star trek :
- on waiting : Star Trek Uniform from IndoStarTrek
- on viewing : Star Trek : Voyager - Season 3 Episode 2

No comments: