Apr 21, 2008

Ada Apa dengan Indonesia di Era Star Trek?

Sebagai orang Indonesia yang masih cinta Indonesia, dan seorang fans Star Trek yang agak-agak sedikit maniak, tentunya saya penasaran apa yang terjadi dengan bangsa Indonesia di abad 24 :) Yang saya tahu hanya cerita tentang negara tetangga kita, Malaysia yang setidaknya masih ada sampai abad 22, karena orang tua salah satu kru di Enterprise NX-01 tinggal di negara tersebut. Lalu kemana Indonesia?? Akhirnya saya bertanya kepada teman-teman di Indo Star Trek dalam milis dan saya akhirnya mendapatkan jawaban tentang keberadaan Indonesia di era Star Trek. Thanks to Kapten Arlan dan Kapten Boyke yang telah memberikan informasinya :)
Berikut ini adalah cuplikan informasi yang saya dapatkan...


Keberadaan Indonesia di Star Trek tidak terdeteksi dalam bentuk film, baik serial maupun movie. Keberadaan Indonesia diketahui di salah satu novel Star Trek yang menyatakan bahwa pesawat dengan kemampuan Warp pertama yang dibuat manusia rencananya akan dijual ke NASA -nya Federasi Indonesia.

Federasi Indonesia terbentuk setelah The Indonesian Revolution. Revolusi pembantaian terhadap para koruptor. termasuk yang udah melarikan diri dari sini. Tetapi karena dalam proses pelarian tersebut para koruptor membawa duit yang gak kecil, banyak negara yg memberi suaka kepada mereka. Alhasil, Republik Indonesia jadi ribut dengan banyak negara. Rakyat Indonesia sendiri juga berbeda pendapat terhadap apa yang layak diberikan pada para koruptor. Perbedaan itu cukup besar sampai hampir terjadi perang saudara. Untungnya konflik yang terjadi hanya sampai tingkat "perang antar kampung", sehingga banyak pemimpin-pemimpin muda bangsa yg merasa harus terjadi perubahan yang sangat signifikan terhadap negara ini. Setelah itu, Republik Indonesia berubah menjadi Federasi Indonesia. dan dalam beberapa tahun,kemakmuran mulai terasa. sampai akhirnya Federasi Indonesia menjadi super power di Asia (menggantikan RRC dan India yang runtuh karena kebanyakan penduduk). Kemudian, Malaysia bergabung dengan Federasi Indonesia.


Tidak hanya di Star Trek, bahkan di Babylon 5 pun Indonesia punya pengaruh yang besar. Layaknya Uni Soviet di era perang dingin, Indonesia dengan beberapa negara Asia lain seperti Cina dan India juga membentuk koalisi. Sayangnya detail soal Indonesia tidak begitu saya ketahui. Ini pun kalo ga salah saya dapat info nya dari teman-teman di Indo Star Trek. Tapi info yang bisa saya dapat dari wikipedia, Indonesia pernah komplain pada Earth Government. Ini kutipannya :

Although the Earth is united under a single government, individual nation-states still exist in the Babylon 5 universe, and some nations still complain about Alliance policies, such as when the Interstellar Network News reported that Indonesia's government had complained it was not receiving its fair share of financial aid from Earthgov. ("A Voice in the Wilderness Part I")



Hehehe...ternyata negara kita tercinta ini masih ada yah sampai di jaman Star Trek dan Babylon 5, sekitar abad 23-24 :) Syukurlah, Indonesia belum musnah dalam World War III dan perang antar ras Earth vs Minbari :) Siapa tau ada anak cucu kita yang jadi petinggi di jaman ini :p (waduh....ga bisa bedain kenyataan dengan khayalan niy :p)

2 comments:

rudy said...

keren ternyata keberadaan indonesia diketahui oleh dunia luar sama....
Hidup Indonesia

motosuki said...

hehehehe.....kalo liat dari kondisi indonesia saat ini, ada kemungkinan besar hal ini terjadi (tidak termasuk penjualan warp engine oleh Cochrain ke Indonesian Space Agency yah)