Dec 30, 2010

Sedikit Tentang Android

Seorang teman bertanya pada saya apa itu Android? Mendengar pertanyaan seperti itu saya mencoba menjawabnya sesuai dengan sedikit pengetahuan awam saya tentang Android. Tapi tak disangka hasil tulisannya malah jadi cukup banyak. Jadi saya rasa ada baiknya saya share di blog saya ini . Berikut ini adalah share nya :

Android itu Operating System (OS) alias sistem operasi yang dikeluarkan oleh Google yang biasanya digunakan untuk hape pinter dan beberapa pad.

Perbandingannya kalo di dunia komputer ada windows, mac OS, dan linux. maka di hape ada yang namanya blackberry OS, iphone OS, symbian, dan java.

Biasanya satu produsen hape fokus pada satu sistem operasi, misalkan Blackberry fokus pada blackberry OS, Apple Iphone pada iOS, dan Nokia pada Symbian (walau mulai mau mengganti OS hape canggih nya seperti N900 dengan OS lain, Meego dan Maemo).

Semenjak Google mengeluarkan OS Android, produsen hape mulai banyak melirik sistem operasi gratisan ini sebagai OS nya. Awalnya Google sendiri yang mengeluarkan hape ber-OS android, yaitu Google Nexus One. Tapi sebenarnya Google membeli produk dari HTC, yaitu HTC Passion yang mereka ubah menjadi Nexus One. Saat ini Google telah mengeluarkan generasi berikutnya dari Nexus One, yaitu Nexus S. Nexus S ini dibuat oleh Samsung, katanya sih sebagai penyempurnaan dari Samsung Galaxy S.

Produsen lain juga ikut meramaikan seperti Sony Ericcson dengan Sony Xperia X10, Samsung dengan Samsung Galaxy 5, Galaxy Spica, Galaxy S, dan Galaxy Tab, lalu LG dengan LG Optimus. Acer juga mengeluarkan Acer Liquid. HTC sendiri mengeluarkan beberapa varian hape ber-OS android, antara lain HTC Sense, HTC Wildfire, HTC Dream, HTC Desire, HTC Aria dan terakhir HTC Evo. Sekarang hape-hape buatan china juga udah mulai banyak yang pake OS android, antara lain Huawei, Nexian dan CSL Blueberry.

Oya, OS Android tidak hanya bisa dipakai untuk hape. Tapi bisa dipakai untuk PAD Android (Pad itu kayak IPad nya Apple). Banyak pad buatan China yang masuk ke Indonesia yang menggunakan OS Android. Bahkan ada beberapa netbook yang menginstallkan OS Android pada netbook nya, misalkan Acer.

Saat ini OS Android terakhir yang di release oleh Google secara resmi adalah Android 2.3 alias Gingerbread. Tapi OS ini masih belum banyak digunakan karena masih digunakan oleh hape android terbaru seperti Nexus S dan HTC Evo. Sedangkan versi sebelumnya adalah Android 2.2 alias Android Froyo. Sebelumnya ada Android 2.1 alias Eclair. Sebelumnya lagi ada Android 1.5 alias Cupcake, dan Android 1.6 alias Donut.

Aku sendiri pake Samsung Galaxy Spica yang masih ber OS Android 2.1 aka Eclair.

Satu kelemahan dari Android adalah kita harus memiliki paket DATA PLAN pada kartu yang kita gunakan alias PAKET INTERNET, kalo bisa yang UNLIMITED. Karena Android akan selalu terkoneksi dengan internet untuk menjalankan aplikasi seperti Facebook, Twitter, Yahoo Messenger, dan sebagainya. Android juga akan secara aktif mengecek e-mail google dan e-mail lain yang kita masukkan untuk men-syncronize kontak atau pun e-mail kita. Sehari rata-rata penggunaan data adalah sekitar 5-10 MB.

Bayangkan kalo ndak pake paket internet, bise bangkrut!! Hehehehehe. Kartu Halo Flash Unlimited ku bisa digunakan untuk internet dan telepon, jadi aman untuk dipasang di Android ku. Kalo mau alternatif lain bisa pake kartu Simpati/As, ambil paket data yang 300 MB/bln. Atau pake kartu 3 (Three) yang punya paket internet unlimited. Kalo pake Indosat juga bisa, tapi setting nya agak ribet karena akan melalui jaringan IM2.

Oke... segitu dulu... kalo masih bingung aku jelaskan lagi :)

Sumber Bacaan :
http://en.wikipedia.org/wiki/Android_%28operating_system%29
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Android_devices

No comments: