Feb 11, 2010

[review] Hindi Movie - 3 Idiots (2009)


Kemarin aku mendapatkan rekomendasi menonton sebuah film Hindi aka Bollywood yang menurut temanku, sesama kolega, Aliyah Nur'aini Hanum bagus untuk ditonton oleh dosen, mahasiswa dan orang tua. Penasaran dengan film tersebut, aku melakukan sedikit riset internet tentang film tersebut. Setelah membaca sinopsis nya, aku memutuskan untuk mendonlot film tersebut.

Film yang berjudul 3 Idiots ini bercerita tentang pencarian seorang sahabat di masa kuliah oleh dua orang sahabatnya yang lain. Dalam pencarian tersebut mereka diingatkan kembali tentang persahabatan mereka bertiga di sebuah kampus jurusan Engineering. Tiga sahabat tersebut adalah Ranchoo, Farhan, dan Raju. Mereka bertiga tinggal dalam satu kamar asrama.

Farhan dan Hari bukanlah mahasiswa yang brilian. Mereka biasa-biasa saja, bahkan cenderung di bawah biasa. Farhan memiliki hobi fotografi, tapi ditentang ayahnya karena ingin anaknya menjadi engineer. Raju adalah anak sulung dengan ayah yang lumpuh, adik perempuan yg belum menikah,ibu yg sudah tua dan keluarga yang miskin, sehingga harapannya berkuliah adalah lulus dan mendapatkan pekerjaan yang baik untuk menghidupi keluarga. Sedangkan Ranchoo, seorang yang brilian, berpikir sederhana tapi tepat, dan perhatian kepada teman-temannya.

Di kampus tempat mereka belajar ada seorang dosen yang yang dijuluki Virus. Dosen ini bisa dibilang punya idealisme yang tinggi, berharap tinggi dari mahasiswa nya, karena dia ingin mencari mahasiswa yang berbakat yang bisa diwarisi pulpen astronot pemberian dosennya dulu.

Ada satu hal yang menarik disini. Saat Virus menceritakan kisah pulpen astronot yang menarik dan memakan biaya riset banyak tersebut, Ranchoo malah bertanya "Mengapa menghabiskan uang begitu banyak untuk riset pen yang bisa digunakan di luar angkasa, padahal masih bisa menulis dengan pensil?". Virus terkejut mendengarnya. Sederhana, tapi sangat mengena.

Dalam sebuah kelas, Ranchoo diminta untuk menjelaskan definisi "Machine". Ranchoo mengatakan mesin itu alat untuk mempermudah kerja manusia, dan menjelaskan contoh nya seperti resleting celana. Tapi sang dosen tidak menerima penjelasan Ranchoo dan mengatakan bahwa "Kamu tidak masuk Engineering untuk mengatakan bahasa yang sederhana". Ranchoo diusir dari kelas, karena pendapatnya tadi dirasa menghina sang dosen. Saat Ranchoo keluar, dia kembali lagi ke dalam kelas dan dosen menanyakan kenapa Ranchoo kembali. Ranchoo menjawab dengan sangat panjang hanya untuk menjelaskan dia ketinggalan bukunya, dan dosen menanyakan "Kenapa kamu tidak menggunakan bahasa sederhana saja?" dan Ranchoo menjawab "Karena kami tidak masuk Engineering utk mengatakan bahasa sederhana". Dan masih banyak lagi pertentangan antara pola pikir Ranchoo dan dosen-dosennya, tapi pada dasarnya, Ranchoo memang selalu nomor satu di kelas.

Kembali ke garis besar cerita, dua sahabat, Raju dan Farhan mencari keberadaan sahabat mereka Ranchoo setelah mendapatkan informasi dari teman kuliah mereka, si "nomor dua" aka "the silencer", orang yang sering mereka ganggu waktu kuliah, Chatur. Chatur menghubungi Raju dan Farhan dan mengatakan dia menemukan Ranchoo, dengan maksud ingin pamer akan keberhasilannya menjadi orang kaya. Mereka bertiga lalu memutuskan untuk mencari Ranchoo dari petunjuk yang ada. Dalam pencariannya, mereka menemukan Ranchoo, tapi bukan Ranchoo yang mereka kenal. Ranchoo yang mereka kenal ternyata hanya anak tukang kebun, yang senang belajar. Dia memakai seragam anak tuannya untuk masuk ke sekolah, bahkan pindah-pindah ke kelas-kelas dimana dia suka. Karena kepintarannya, Ranchoo akhirnya dimanfaatkan oleh si anak tuannya untuk mengerjakan pekerjaan rumah dari sekolah tersebut. Hal ini akhirnya ketahuan oleh sang tuan. Tuan tersebut akhirnya menyekolahkan Ranchoo tapi sebagai nama anaknya, dan Ranchoo ingin mendapatkan gelar sarjana.

Dalam pencarian ini juga terlibat Pia, anak dosen mereka, pak Virus, yang dicintai oleh Ranchoo walau tak pernah tersampaikan.Ranchoo pernah membantu persalinan kakak Pia dengan bantuan Pia melalui webcam. Dengan penemuan-penemuan praktisnya disaat darurat untuk persalinan, Pak Virus menyadari bahwa Ranchoo adalah mahasiswa yang luar biasa dan dia memutuskan mewariskan pulpen astronot itu ke Ranchoo.

Setelah wisuda, Ranchoo menghilang. Raju berhasil mendapatkan pekerjaan yang baik, Farhan menjadi seorang fotografer terkenal. Hal ini tidak lepas dari jasa Ranchoo yang perhatian terhadap teman-temannya.

Panjang juga yah :D Ya karena film ini berdurasi 160 menit. Tapi penuh pelajaran luar biasa.
Beberapa pelajaran tersebut antara lain adalah :

Bagi dosen :
1. Riset lah sesuatu yang manfaat jelas dan biaya yang murah
2. Dalam mengajar, gunakan bahasa yang sederhana agar lebih mudah dimengerti
3. Jangan berharap terlalu tinggi dari mahasiswa, karena mereka masih mahasiswa.
4. Tegas itu penting, tapi jangan sampai membuat mahasiswa jadi mau bunuh diri.

Bagi mahasiswa :
1. Kuliah bukan untuk mencari nilai, tapi mencari ilmu
2. Jangan begitu gampang ingin bunuh diri hanya karena nilai kuliah jelek atau tidak lulus
3. Tidak salah kuliah di jurusan terentu tapi bekerja di bidang lain, apalagi bidangnya ditekuni dari hobi
4. Jangan curang dalam ujian, baik mencurangi dosen, maupun mencurangi teman

Bagi orang tua :
1. Anak memang perlu diarahkan, tapi tidak harus dipaksakan
2. Gali lah potensi anak, dan bantu kembangkan
3. Menyaring teman anak untuk kepentingan sang anak memang tidak salah, tapi juga tidak benar kalau tidak diteliti lebih lanjut siapa temannya


Film yang sejenis dengan ini ada di Indonesia dengan latar cerita guru, murid dan orang tua, yaitu film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi.

Entah apakah 3 Idiots ini saduran dari film barat atau tidak, saya tidak tahu. Tapi berdasarkan rating IMDB nilainya 8,1/10 dengan 6728 orang pemilih. Saya rasa film ini layak ditonton. Sayangnya di Indonesia belum diputar. Di rilis resmi di Malaysia tanggal 24 Desember 2009. Ga tau ya kalo DVD bajakannya :p

Saya pribadi memberikan rating film ini 9/10.
Alasan :
- memiliki pesan yang baik
- cerita nya bagus
- acting Amir Khan disini bagus
- pengambilan gambar dan lokasi nya indah


Sumber :
http://www.imdb.com/title/tt1187043/
http://mediafire.com

1 comment:

3 Idiots said...

Yupz... Film ini keren sekali Pak. Saya suka jika nilai-nilai hidup disampaikan dengan guyonan yang menarik kayak gini. :D