Feb 14, 2010

Varian Facebook

Mungkin blog ini sangat-sangat tidak penting... tapi saya ingin saja menulisnya.

Jejaring sosial Facebook adalah jejaring sosial nomor satu di Indonesia, yang telah mengalahkan jejaring sosial lainnya seperti Friendster, Twitter, Multiply, maupun Plurk. Fesbuk atau FB (pengucapan mudahnya Facebook) ini memiliki banyak keunggulan dibanding jejaring sosial lainnya. Salah satu nya adalah macam-macam varian untuk tampilan fesbuk yang bisa kita gunakan. Antara lain adalah :


1. http://www.facebook.com (Web Default)

Tampilan dari fesbuk utk web default bisa diakses dengan alamat di atas. Tampilannya adalah seperti ini :

Keunggulan dari fesbuk web default ini adalah kelengkapannya dan automatic update nya. Segalanya akan muncul sendiri walaupun tidak kita refresh, asal kita cukup aktif menggunakannya. Kalau pun kita sempat idle dalam waktu yang cukup lama, begitu kita refresh semua status akan muncul.
Kelemahannya adalah penggunaan bandwidth nya besar. Hal ini bisa membuat pengguna fesbuk yang dibatasi penggunaan bandwidth nya akan merasa quota nya cepat habis.






2. http://lite.facebook.com (varian lite hemat versi web)

Tampilan dari lite fesbuk utk versi hemat web bisa diakses dengan alamat di atas. Tampilannya adalah seperti ini :

Keunggulan dari lite fesbuk adalah hemat quota. Tidak seperti versi default web yang banyak memakan bandwidth, versi lite paling cocok untuk pengguna internet yang tidak unlimited dan kecepatan internet nya lambat.
Kelemahannya adalah tampilannya agak ribet terutama dalam status lalu yang ter update karena ada yang komentar. Walau kalau sudah terbiasa malah lebih enak, karena kita tahu ada status kita yang terupdate. Status terupdate akan muncul di baris paling atas.





3. http://touch.facebook.com (varian touch untuk hape layar sentuh)

Tampilan dari touch fesbuk utk versi hape layar sentuh bisa diakses dengan alamat di atas. Tampilannya adalah seperti ini :

Kelebihannya adalah cocok untuk layar sentuh, karena tombol pilihannya nya besar-besar. Selain itu hemat bandwidth. Tampilannya juga cukup menarik karena foto masih terlihat.
Kelemahannya adalah update status harus dilakukan dengan cara refresh browser. Selain itu untuk melakukan posting status baru juga harus refresh lagi.








4. http://m.facebook.com (varian mobile untuk hape tanpa layar sentuh)

Tampilan dari mobile fesbuk utk versi hape layar sentuh bisa diakses dengan alamat di atas. Tampilannya adalah seperti ini :
Kelebihannya adalah versi yang paling hemat bandwidth, dengan kelengkapan yang nyaris sama seperti default web.
Kelemahannya adalah update status harus dicek dengan me-refresh halaman kembali. Selain itu halaman ke belakang nya terbatas.
Browser hape seperti Operamini mengalihkan link menuju www.facebook.com secara otomatis ke m.facebook.com.




Oke... sekian ulasannya. Terimakasih telah membaca blog tidak penting ini :D

salam

Yudhiarma

No comments: