Jul 15, 2009

Beberapa Profesi Yang Bisa Dipilih Lulusan Arsitektur

Tulisan ini saya buat untuk membuka pikiran mahasiswa saya tentang berkarir yang saya posting di grup diskusi alumni Politeknik Negeri Pontianak.

Beberapa Profesi Yang Bisa Dipilih Lulusan Arsitektur :

1. arsitek
ini adalah pilihan utama, karena core ilmunya memang mengarah ke dunia arsitektur... udah jelas kali yah :)

2. konsultan & kontraktor
biasanya ini perkembangan dari arsitek. setelah mampu berprofesi dengan baik, dan mendapatkan pengalaman yang cukup dari arsitek lain, disarankan untuk membuka usaha sendiri dalam bentuk konsultan dan kontraktor..

3. developer
nah.. kalo konsultan/kontraktor nya udah gede banget!! ada modal... bole lah terjun ke dunia developer. pengembang ini biasanya begerak di bidang perumahan, tapi ada juga pengembang dibidang retail/perdagangan. modalnya, pengetahuan teknis tentang arsitektur dan konstruksi, dan manajemen tentunya :)

4. pns
bagaimana pun profesi arsitek juga dibutuhkan di pemerintahan. cuma sayang profesi ini masih dianggap profesi yang agak sedikit miring (atau malah banyak?) kalo saja dikerjakan dengan lebih benar, tentu akan lebih baik negara ini :)

5. dosen
ini profesi yang saya jalani... menyenangkan sekali berbagi ilmu. tuntutannya juga terus mencari ilmu.... diperlukan dedikasi yang tinggi dan kesabaran yang super tinggi menghadapi mahasiswa yang tidak sepaham dengan dosennya... dan tentu saja..harus objektif...

6. marketing
mahasiswa arsitek dah biasa berpresentasi, dan diajarkan untuk sedikit persuasif kepada yang di presentasikan. hal ini diperlukan bagi marketing perusahaan APAPUN!!. Kuncinya, kuasai produk dan kenali klien. selain itu dibutuhkan juga karena kreatifitas nya bisa lebih tinggi dari lulusan ekonomi sekalipun...

7. wirausaha
wirausaha disini maksudnya bukan yang berhubungan langsung dengan profesi arsitek, misalkan membuka toko bangunan, membuka jasa pembuatan pagar besi, membuka jasa plotting dan design grafis,bahkan toko komputer sekalipun.... dan masih banyak lagi. kenapa? karena dalam perjalanannya menjadi mahasiswa arsitektur, hal-hal diatas dekat sekali hubungannya dengan dunia perkuliahan... kalo kreatif, ini bisa mendatangkan penghasilan yang besar :)

8. seniman
biasanya kecenderungan mahasiswa arsitektur menyukai gambar. nah..siapa tau dari gambar itu bisa menjadi karya seni berupa lukisan, patung, ataupun barang2 lainnya.. termasuklah fotografi.....

9. penulis
gak nyangka kan? ada loh arsitek yang berprofesi sebagai penulis... misalkan Imelda Akmal.... dengan tulisannya tentang dunia arsitektur, dia bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar daripada sekedar menjadi arsitek biasa....

10. apapun!!!
kenapa saya bilang apapun? karena pada dasarnya, pendidikan arsitektur adalah pendidikan tinggi, yang berfungsi untuk menjadi pengembangan diri seseorang untuk dapat berpikir lebih maju, mengungkapkan ide-ide nya, dan mewujudkannya..... jadi... saya bisa bilang kita bisa jadi apapun yang kita mau :) tentu saja harus diikuti kebisaan dan kemauan :)


well... good luck dalam memburu masa depan yang cerah :D

No comments: