Apr 23, 2009

Rumah Prefab Sebagai Solusi Green Design

RUMAH PREFAB SEBAGAI SOLUSI GREEN DESIGN


PENDAHULUAN
Konstruksi rumah dengan mode prefab atau modular sedang menikmati booming di pasar green building, yang mengetengahkan isu global perubahan iklim. Sejumlah orang berpikir bahwa rumah prefabricated atau bangunan modular berarti juga keseragaman yang dingin, tetapi tidak semua bangunan yang bersifat prefabricated menjadi seperti yang dipikirkan banyak orang. Ada pula rumah rumah prefabricated yang hijau, indah, nyaman, dan paling penting adalah tidak membebani bumi.

PREFAB DAN PENGERTIANNYA
Prinsip dasar dari konstruksi rumah prefab adalah bagian-bagian dari suatu rumah, atau modul, adalah dibangun dalam suatu lingkungan pabrik yang terkontrol, diangkut ke satu lokasi proyek pada saat memasuki tahap penyelesaian, dan dihubungkan serta menempatkan di atas pondasi yang telah dipersiapkan sebelumnya. Sambungan yang muncul pada rumah prefab bisa berjumlah sedikit, bisa juga berjumlah banyak, tergantung dari model dan pengembangan sistem sambungan pada prefabnya.
Sebagian besar orang menganggap rumah prefab dihubungkan dengan desain yang benar-benar modern. Desain Modern secara tipikal ditandai dengan garis-garis yang bersih, bentuk kuat, menggunakan bahan yang modern seperti beton, baja, alumunium, dan sedikit sampai tidak ada dekorasi yang ditambahkan pada bangunan. Bangunan Modular memungkinkan desain modern dibawa ke pasar utama karena itu secara umum mengurangi biaya konstruksi dan biaya desain secara signifikan ketika dibandingkan dengan rumah yang dibuat secara manual. Akhir-akhir ini, mulai muncul pilihan rumah prefab yang jauh menggunakan prinsip "green building".

RAMAH LINGKUNGAN RUMAH PREFAB
Tujuan utama dari membangun rumah yang bernafaskan green building adalah untuk mengurangi dampak lingkungan nya sementara juga membuat suatu lingkungan sehat untuk penghuni. Arsitek dan pembangun melakukan ini dengan cara menekankan efisiensi energi, mengurangi penggunaan air bersih dalam proses membangun, memilih bahan bangunan yang sehat dan suistainable, dan memilih lokasi yang bisa meminimumkan gangguan lingkungan.
Desain dan konstruksi Rumah prefab menawarkan sejumlah peluang unik untuk mencapai tujuan tersebut. Pertama, seperti yang kita ketahui bahwa dalam pembuatan elemen prefab yang dilakukan di pabrik, sudah ada kontrol yang dilakukan di lingkungan pabrik menjadikan perancang / pembangun untuk bisa dengan sangat presisi dalam perencanaan material dan penggunaan materialnya. Hanya akan ada sedikit limbah jika dibandingkan dengan teknik konstruksi standar. Kedua, sulit sekali menemukan material yang ramah lingkungan yang mudah dibeli dalam jumlah besar dan digunakan pada banyak proyek, meminimumkan keterlambatan dan memastikan bahwa tidak ada “jalan pintas” sehubungan dengan bahan tak tersedia. Ketiga, pembelian dengan jumlah yang besar ini dan pengiriman sejumlah modul ke lokasi pembangunan rumah secara dramatis akan mengurangi polusi dari transportasi ke dan dari lokasi. Dan akhirnya, gangguan dari lokasi konstruksi dapat diminimumkan karena tidak lagi diperlukan penyimpanan material di lapangan dalam jangka waktu yang lama
Selain dari menjaga lingkungan, unsur-unsur ini juga membantu menurunkan biaya dan memendekkan waktu pengerjaan proyek. Bahan bisa dibeli dalam jumlah yang besar dan bisa mendapatkan harga yang menarik. Tukang-tukan terampil menjadi dipekerjakan secara penuh dan bisa bekerja memasang modul untuk banyak rumah prefab dalam waktu yang singkat. Dan, proses konstruksi dalam ruangan mengeliminasi keterlambatan dan kerusakan sehubungan dengan kondisi cuaca, seperti yang sering terjadi pada konstruksi standar.

CONTOH RUMAH PREFAB RAMAH LINGKUNGAN

Rumah prefab ramah lingkungan muncul dalam semua bentuk dan ukuran. "Lebih kecil adalah lebih baik" merupakan konsep dari Wee House oleh Alchemy Architects. Alchemy menawarkan sejumlah pilihan dari material yang ramah lingkungan, teknologi, dan gaya untuk rumah prefab mereka. Rumah-rumah tersebut muncul dalam bentuk unit yang tersendiri atau dalam unit modul yang lebih besar jika kita membutuhkan lebih banyak ruangan. Sementara rumah prefab yang diinginkan sedang diproduksi, pemilik rumah memerlukan kontraktor untuk menyelesaikan pondsi, peralatan utilitas, dan yang tidak tersedia dari rumah prefab. Dengan cara seperti ini maka kita dapat menghemat waktu, uang dan secara dramatis menurunkan dampak lingkungan anda dengan tinggal di rumah prefab.


Contoh lain dari rumah prefab bergaya modern adalah desain dari Michelle Kaufmann Design's (MKD), Sunset Breezehouse. Dirancang melalui satu kerjasama antara MKD dan Sunset Magazine, Breezehouse mempunyai satu “BreezeSpace” yang diletakkan di pusat di bawah satu atap berbentuk kupu-kupu. breezeway atau serambi ini memungkinkan anda untuk “membiarkan lingkungan masuk” ke ruang keluarga dan ruang makan, mengaburkan batasan antara interior dan eksterior serta meningkatkan fungsi dari ruang-ruang tanpa membangun banyak dinding serta langit-langit. Rumah ini tersertifkasi oleh Energy Star dan benar-benar efisien, dengan penyekat yang terbuat dari open cell foam dan didempul untuk mengeliminasi kebocoran udara. Breezehouse juga memiliki sistem plumbing yang bisa menghemat penggunaan air, pemanas air yang hanya hidup jika diperlukan, dan , sistem ventilasi mekanik yang 30% lebih efisien jika dibandingkan dengan sistem pengudaraan biasa. Benar-benar rumah yang efisien dan menarik.

Desain rumah prefab inovatif yang lain adalah Solaleya Home. Solaleya Home benar-benar berputar untuk mengikuti matahari dalam rangka untuk menggunakan tenaga matahari untuk pemanasan pasif. Rotasi ini benar-benar efisien energi, menyediakan perubahan terus menerus dari pemandangan, dan memasukkan cahaya alami yang hangat ke dalam ruangan. Struktur terbuat dari satu tiang dan lengkungan, menjadikan rumah tahan terhadap angin topan dan gempa. Rumah ini juga dinilai baik oleh Energy Star dan merupakan rumah pilihan untuk mengikuti matahari sepanjang tahun.

Contoh Terakhir bagi yang mencari desain yang sedikit lebih tidak modern adalah rumah yang dikembangkan oleh Bamboo Technologies di Hawaii. Rumah prefab ramah lingkungan ini adalah terbuat hampir seluruhnya dari bahan bambu, salah satu bahan bangunan yang paling berkesinambungan dari bahan bangunan yang ada. Anda bisa mengubah versi untuk area iklim apapun, sehingga tidak perlu takut jika anda tidak tinggal di lingkungan beriklim tropis. Dan rumah bambu ini kuat menahan gempa dan angin topan.

KESIMPULAN
Rumah prefab merupakan pilihan yang tepat bagi bumi karena lebih ramah lingkungan dengan kualitas yang terjaga. Model rumah prefab yang berkembang saat ini tidak saja rumah yang berkesan dingin tanpa ekspresi, tapi juga ada yang hangat dan menyenangkan. Dari contoh-contoh yang telah disajikan, rumah prefab ini memiliki banyak keuntungan, antara lain cepat dibangun, kualitas terjamin, mudah dalam pengerjaan, hemat biaya secara keseluruhan, tidak kalah indah dibanding rumah yang dibuat secara konvensional, dan yang pasti, ramah lingkungan. Tapi tidak semua desain yang telah ada dapat dengan langsung diterapkan karena perbedaan iklim antara tempat dikembangkannya rumah prefab (kebanyakan di Eropa dan Amerika). Oleh karena itu perlu disesuaikan dan dikembangkan oleh para arsitek lokal agar lebih sesuai.

DAFTAR PUSTAKA
http://www.lowimpactliving.com/blog/2007/09/24/green-prefab-homes-prefabulous/
http://www.prefabs.com/PrefabHomes/AlchemyArchitects/Alchemy_Architects.htm
http://www.prefabs.com/PrefabHomes/AlchemyArchitects/weeOne.htm
http://www.solaleya.com/
http://www.bambootechnologies.com/bbhomes.htm

CATATAN :

Tugas ini dibuat untuk mata kuliah ARSITEKTUR DAN TEKNOLOGI nya Dr. Ir. Sugeng Triyadi, MT, Jurusan Arsitektur ITB Program Pasca Sarjana atas nama YUDHIARMA (25208024).

3 comments:

Joddie said...

Wah sekarang semua bisa 'dirakit' dan serba instan yah.. eh btw produk semacam ini sebenarnya udah ada di Indonesia belon ya ?

motosuki said...

klo yang model seperti yg saya tunjukkan siy kayaknya ga ada.. tapi ada rumah prefab yang dibuat oleh PU.. namanya RISHA. coba aja browse di google.

satria said...

rumah instan dg penyekat ruang dari panel selain batu bata sudah mulai marak di pergunakan, manfaat lainnya bisa mengurangi pemakaian semen yg proses pembuatannya menggunakan bahan bakar banyak.....(environmental material0, ada saya lihat di www.alpro.co.id