Jun 28, 2008

Google SketchUp Pro Gratis untuk Pendidik



SketchUp, sebagai salah satu alat bantu desain dalam arsitektur, telah saya kenal sejak beberapa tahun yang lalu, lebih tepatnya sekitar tahun 2005. Perkenalan saya pertama kali dengan SketchUp yaitu dengan versi 5.
Sebelum bertemu SketchUp, saya berpikir alangkah nyamannya jika ada software yang bisa membuat mudah dalam menggambar, seperti layaknya mengambar di atas kertas. Karena pada saat itu, software gambar yang mendekati keinginan saya cuma AutoCAD. Ternyata software tersebut ada!!!
Kini SketchUp telah diakuisisi oleh Google. SketchUp versi terakhir adalah versi 6, dengan sistem berbayar. Hal ini sebenarnya tidak lah menjadi suatu kendala (karena ada jamunya). Kalaupun tidak ingin berbayar, bisa mendownload versi free nya di sini.
Google ternyata masih berbaik hati terhadap dunia pendidikan. Google membebaskan pengajar untuk dapat menggunakan SketchUp 6 Pro secara gratis!! Caranya pengajar harus mengajar di perguruan tinggi terakreditasi, menyediakan silabus atau kurikulum dengan menggunakan sketchup. Persyaratan yang sangat mudah bukan?
Trus apa bedanya Google SketchUp 6 Pro for Education dengan Google SketchUp 6 Pro? Pada dasarnya sama. Bedanya hanya pada sistem licence yang berlaku dari 1 April sampai 30 Juni tahun depannya, atau dari 1 Juni sampai 30 April tahun depannya.
Keterangan lebih lanjut bisa dibaca di sini.

3 comments:

mriza said...

he..
Awalnya pas liat judul.. udah mau ngaku pendidik aja biar gratis..
Tau nya...

Nurita Putranti said...

weleh...weleh..ternyata gratisan utk para arsitek tooo :D
btw, koreksi dikit bang. Nama ita di "Link Teman" kurang tepat tuch.
Tertulis : Nurita Purtanti
Seharusnya : Nurita Putranti

motosuki said...

enpe :
udah dikoreksi bu :)
m riza :
hehehehe...taunya hrs pake kurikulum :p