Nov 24, 2016

Asus Zenbook 3 UX390UA untuk Mobilitas dan Portabilitas Anda Bekerja

Gambar 1 : Asus Zenbook 3 UX390UA

 Kebutuhan akan mobilitas bekerja menjadi kebutuhan yang penting untuk zaman modern. Dimana orang menginginkan dapat bekerja darimana saja dan berhubungan dengan banyak orang. Asus melihat peluang besar pada sektor mobilitas dan membuat produk yang benar-benar mengagumkan. Produk tersebut adalah Zenbook. Zenbook sendiri bukan lini baru dalam produk asus. Sudah ada produk zenbook yang dikeluarkan sebelumnya oleh Asus. Tapi kali ini mari kita bahas produk Asus dari lini zenbook yang terbaru, yaitu Zenbook 3 UX390UA.

Gambar 2: Body Asus Zenbook 3 UX390UA

Zenbook 3 UX390UA adalah ultra-book yang  sangat tipis dan ringan. Dengan ketebalan hanya 1,19 cm dan berat hanya 910 gr, menjadikan produk ini sebuah produk yang memenuhi kebutuhan mobilitas dalam bekerja. Tentu saja tidak hanya itu kelebihannya. Dengan layar 12,5” dengan kemampuan layar sentuh dan resolusi FHD (1920x1080) menjadikan ultra-book ini masih nyaman digunakan untuk bekerja dibandingkan yang menggunakan layar hanya 11,6” ataupun 10,1”.

Zenbook 3 UX390UA menggunakan prosesor Intel generasi terbaru, yaitu Intel Core i7-7500u (Cache 4M hingga 3,5 GHz) ataupun Intel Core i7-7200u (Cache 3M hingga 3,1 GHz). Sepertinya belum banyak produsen ultra-book yang menggunakan prosesor intel generasi ke-7 atau yang biasa dikenal dengan kode Kaby-Lake ini.

Zenbook 3 UX390UA juga sudah menggunakan GPU terbaru dari Intel yaitu  Intel HD Graphic 620. Kemampuannya memang tidak sejago GPU untuk seri seperti ROG, tapi sudah lebih dari cukup untuk memberikan gambar yang jernih dan jelas. Tentu saja kejelasan layar juga ditunjang dengan dukungan display LED backlit dengan glare panel 72% NTSC, membuat ultra-book ini masih terlihat jelas walaupun dilihat dari sisi yang tidak tepat di depan kita.

Dukungan memory pun tidak tanggung-tanggung. Terpasang DDR3L 16 GB untuk seri core i7 dan DDR3RL 8 GB untuk seri core i5. Hal ini membuat kerjaan multi-tasking menjadi lebih mudah. Sambil membuka data-data pekerjaan, bisa sambil browsing atau bahkan melakukan pengolahan dengan software gambar.

Storage nya pun disematkan SSD PCIE M2.SATA dengan kapasitas 512 GB untuk seri core i7 dan 256 GB untuk seri core i5. Dengan SSD tentu saja kemampuan baca dan tulis menjadi meningkat drastis. Booting windows akan terasa sangat cepat.

Untuk Input/Output, Asus Zenbook 3 UX390UA telah dilengkapi dengan 1x combo audio jack, 1x USB 3.1 Type-C port, dan Fingerprint Reader. USB type-c port merupakan standar baru USB yang mulai diadopsi banyak produsen notebook dan handphone. Kelebihannya adalah transfer data yang lebih cepat dan bentuk yang bisa dipasang walau dalam kondisi terbaik, tidak seperti port USB sebelumnya yang harus dipasang pas posisinya.
 
Sebagai ultra-book yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan portabilitas, selain ukuran kecil dan berat ringan, maka dibutuhkan juga kemampuan baterai yang tinggi. Asus Zenbook 3 UX390UA ini dilengkapi dengan baterai 6 cell 40 whrs yang terbuat dari bahan polymer. Hal ini menjadikan laptop ini bisa tahan berjam-jam tanpa perlu dicas.

Walaupun kecil, ternyata ultra-book ini dilengkapi dengan speaker Built-in Stereo 1.6 W Quad-Speakers And Digital Array Microphone dan ASUS SonicMaster Premium Technology with Harman/Kardon Audio. Siapa yang tidak kenal dengan speaker buatan Harman/Kardon. Suara nya yang jelas dan keras menjadikan ultra-book in bisa diandalkan dalam hal suara.

Soal kecantikan, tidak dipungkiri Asus Zenbook 3 UX390UA memiliki kecantikan yang luar biasa. Bentuknya yang kecil mungkin dan dilapis dengan Allumunium-Alloy 6013 standar aerospace, yang biasanya digunakan untuk struktur primer pesawat terbang, maka Asus Zenbook 3 UX390UA memiliki kemampuan 50% lebih kuat dari material umum yang biasanya digunakan pada notebook lain. Selain itu menjadikan ultra-book ini menjadi ringan. 

Warna yang digunakan pun cantik-cantik. Tersedia dalam tiga pilihan warna elegan, Rose Gold, Quartz Grey dan Royal Blue. Ketiganya memiliki golden metallic edge di sekeliling lid yang dibuat dalam 2 tahap anodizing untuk memastikan daya tahannya. Untuk pengetikan yang lebih nyaman, ZenBook 3 UX390UA menggunakan illuminated full size keyboard dengan travel distance 0,8 mm. 
Gambar 3 : Warna-warna Asus Zenbook 3 UX390UA


Walaupun tipis, ternyata tidak menjadikan Asus Zenbook 3 UX390UA ini menjadi ultra-book yang cepat panas. Dukungan sistem pendingin yang terbuat dari bahan yang disebut liquid-crystal-polymer. Sistem pendinginan juga memiliki heatpipe yang dindingnya setebal 0,1 milimeter namun mampu mengarahkan udara hangat ke arah ventilasi tersembunyi yang berada di balik engsel. Dengan demikian, notebook dapat bekerja dengan efisien dan sejuk meski saat full load.

Bagaimana? Menarik bukan? Gak perlu lagi repot dalam bekerja dimana saja karena segala kebutuhan bekerja anda telah terpenuhi dengan Asus Zenbook 3 UX390UA. Terus kenapa harus pilih yang lain?


No comments: