Nov 21, 2016

Asus ROG Strix GL502VS, Gaming Laptop Keren Menggoda untuk Saya dan Anda


Gambar 1 : Asus Challenge Your City Roadshow Pontianak


Beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 17 November 2016, saya berkesempatan untuk menghadiri acara yang diselenggarakan oleh Asus, dengan tema ASUS CHALLENGE YOUR CITY ROADSHOW yang diselenggarakan di Hotel Aston Pontianak. Saya mendapatkan undangan ini dari rekan blogger pontianak. Sebelumnya saya belum pernah mengikuti acara seperti ini karena memang baru kali ini dapat undangan. Hehehehehe.

Sebagai pengguna produk Asus, terutama pada produk laptop,saya sangat antusias untuk mengikuti acara ini. Produk Asus yang saya gunakan adalah Asus ROG G46VW dam Asus ROG G550JX. Saya juga pernah mencoba beberapa produk ROG lain walaupun hanya sebentar, seperti Asus ROG GL552JX, Asus ROG GL552VX, dan seri lama seperti Asus ROG G53SX. Sedangkan seri-seri lain ada juga yang pernah saya gunakan, tapi kali ini saya akan fokus ke seri Asus ROG.

Dalam acara ini, saya dikenalkan dengan produk baru Asus, yaitu Asus ROG G752VS dan Asus GL502VS. Sungguh saya begitu tergoda dengan produk ini karena produk ROG Strix merupakan varian terbaru dari Asus yang mengkombinasikan brand Republic of Gamers dan brand Asus. Bisa dibilang produk ini adalah produk dengan ketangguhan ROG dan kekompakan Asus. Produk ROG yang seringkali dibungkus dengan body yang besar dan berat, kini berubah menjadi produk yang lebih tipis dan ringan, dengan tidak menghilangkan kemampuan dari ciri khas ROG yang dahsyat!

Asus ROG GL502VS ini menggunakan prosesor intel generasi ke-6, Intel Sky Lake. Jenis prosesor yang digunakan adalah Intel Core i7-6700HQ. Prosesor ini sudah memiliki Cache 6M dan clock speed hingga 3,50 GHz. Tentu saja menjadikan prosesor ini siap melakukan pengolahan data dengan sangat cepat. Seri GL yang terbaru memang kebanyakan sudah menggunakan prosesor Sky lake dan menurut pengamatan saya memiliki kemampuan yang lebih baik dari seri sebelumnya, yaitu Intel Core i7-4720HQ ataupun Intel Core i7-4750HQ. Ini bisa dibuktikan dengan hasil tes rendering CPU dengan software Cinebench R15 di bawah ini :


Gambar 2 : Tes CPU dengan Cinebench dengan prosesor intel core i7-6700HQ pada Asus ROG Strix GL502VS


Sedangkan untuk GPU, Asus ROG Strix GL502VS ini sudah menggunakan GPU generasi Pascal, yaitu GPU keluaran Nvidia dengan seri GTX1070 dengan GPU GDDR5 8 GB. GPU Nvidia GTX1070 telah mendukung G-Sync dan teknologi VR. G-Sync sendiri merupakan teknologi yang bisa membuat gaming lebih nyaman di mata karena adanya sinkronisasi antara GPU dan Layar monitor sehingga tidak terjadi lagging saat bermain game seperti yang sering terjadi pada GPU yang tidak memiliki kemampuan G-Sync akibat perbedaan refresh rate monitor dan GPU, dan menyebabkan gambar menjadi patah-patah atau bahkan lebih parah menjadi hang. Selain itu Nvidia GTX1070 juga sudah siap digunakan untuk teknologi Virtual Reality, dimana untuk menggunakannya perlu tambahan alat berupa kacamata VR.  Jelas sudah kehebatan Asus ROG Strix GL502VS dibanding seri sebelumnya yang masih menggunakan GPU generasi Maxwell. Hasil tes dengan software Cinebench 15 dapat dilihat pada gambar di bawah ini :


Gambar 3 : Tes GPU dengan Cinebench dengan GPU Nvidia GTX1070 pada Asus ROG Strix GL502VS

Gimana ya kombinasi antara CPU Intel Core i7-6700HQ dan GPU Nvidia GTX1070 GDDR5 8 GB untuk game? Ya.. itu juga pertanyaan saya saat produk ini pertama kali dikenalkan. Kemampuannya ternyata tidak perlu diragukan lagi. Tes yang dilakukan dengan software 3D Mark untuk game Fire Strike 1.1 menghasilkan score sebesar 11.400. Berdasarkan data tersebut maka score ini memiliki kemampuan lebih tinggi 82% dari kebanyakan laptop gaming lain bahkan dengan gaming PC. Kemudian tes yang dilakukan dengan software PCMark 8 Creative Accelerated 3.0 memberikan hasil sebesar 5.801. Hebat bukan?

Gambar 4 : Hasil tes dengan 3D Mark dengan game Fire Strike 1.1

Gambar 5 : Hasil tes dengan PCMark 8 Creative Accelerated 3.0


Tidak hanya itu saja. Ketangguhan Asus ROG Strix GL502VS juga didukung dengan penggunaan RAM yang luar biasa lega, sebesar 32 GB. Saya yakin semua game kelas berat pasti akan bisa dimainkan dengan mudah dengan RAM selega ini. Buat saya yang berprofesi sebagai arsitek, RAM besar akan memudahkan saya untuk menggunakan banyak program dalam satu waktu. Maklum, hampir semua software yang digunakan menggunakan RAM dengan jumlah yang besar, dan kadang-kadang kebanyakan arsitek punya hobi nge-game. Jujur saja saya belum pernah menggunakan laptop dengan RAM hingga 32 GB. Mudah-mudahan dalam waktu dekat saya bisa menambah RAM pada ROG G550JX saya hingga menjadi 16 GB.

Satu lagi keunggulan Asus ROG Strix GL502VS ini adalah menggunakan hard disk atau cakram penyimpanan yang besar dengan kapasitas 1 TB dengan kecepatan 7200 RPM. Bukan hanya itu saja, Asus ROG Strix GL502VS juga dilengkapi dengan 256GB PCIEx4 SSD NVMe PCIe SSD. Wah sudah pasti kita gak akan kesal menunggu loading game yang kelamaan. Berdasarkan pengalaman saya, penggunaan SSD memang lebih mempercepat proses booting, loading, dan saving untuk game ataupun aplikasi yang biasa saya gunakan. Bahkan saya punya kiasan, Kalau sudah kenal SSD, tidak mau kembali lagi ke HDD. Tentu saja ini bukan sekedar omong kosong. Bisa kita lihat hasil perbandingan kecepatan antara cakram penyimpanan biasa dan SSD pada gambar berikut ini :



Gambar 6 : Perbandingan kecepatan cakram penyimpanan (kiri) dengan kecepatan SSD (kanan)
 
Terlihat dari hasil di atas, kecepatan read SSD adalah 2539 MB/s sedangkan kecepatan read HDD hanya 138 MB/s. Ini artinya SSD yang digunakan di Asus ROG Strix GL502VS memiliki kecepatan baca sebesar 18x dibanding kecepan HDD 1 TB 7200 rpm. Tentu saja kecepatan 138 MB/s sebenarnya sudah tinggi untuk cakram penyimpanan magnetik. Hal ini lah yang membuat proses booting dan loading cepat sekali.

Bagaimana dengan display? Display yang digunakan Asus ROG Strix GL502VS layar 15,6” Non Glare IPS dengan resolusi full HD (1920x1080). Memang tidak ada kejutan lebih di layar dalam hal resolusi. Tapi display ini sudah menerapkan G-Sync, seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Sedangkan resolusi full HD sendiri menurut saya sudah mumpuni untuk layar 15,6”. Layar nya sangat enak dipandang dan tidak membuat mata cepat silau.

Penampilan Asus ROG Strix GL502VS tidak diragukan lagi kecantikan dan kemewahannya. Ya haruslah, dengan dana yang harus dikeluarkan kurang lebih sebesar Rp.30.000.000 tentu dituntut tidak hanya performa, tapi juga kedua hal tadi. Yang menarik dari body Asus ROG GL502VS ini menggunakan desain yang modern dan berkilau karena menggunakan bahan alumunium cover. Selain itu menggunakan keyboard full size chicklet dengan warna berbeda pada tombol WASD. Tentu para gamer sangat akrab dengan tombol ini. Keyboard juga diberi backlite sehingga bisa menyala walau dalam gelap. Selain itu punya kelebihan fitur anti ghosting agar tidak terjadi kesalahan perintah apabila ada penggunaan tombol sampai 30 tombol dalam satu waktu.

Sedangkan kelengkapan lain dari Asus ROG Strix GL502VS adalah 3x USB 3.0, 1x USB 3.1 type-C, HDMI Port, 1x Mini port, 3 in 1 card reader, wifi, bluetooth, built in hd camera dan array mic, bang & olufsen ICE power dengan SonicMaster speaker. Dimensi dari Asus ROG Strix GL502VS termasuk tipis. Ukuran 39.0 (panjang) x 26.6 (lebar) x 3.01 (tebal) cm dan berat 2,2 kg membuat laptop ini mudah untuk dibawa-bawa baik untuk bekerja ataupun bermain game dengan teman-teman.

Berikut ini adalah beberapa gambar tampilan Asus ROG GL502VS yang saya dapatkan dari kegiatan Asus Challenge Your City Roadshow kemarin :

Gambar 7 : Penampilan Asus ROG Strix GL502VS secara utuh

Gambar 8 : Logo Asus pada bagian layar

Gambar 9 : Kombinasi Intel Core i7-6700HQ dan Nvidia GTX1070 GDDR5 8 GB 128-bit

Gambar 10 : Logo Asus ROG

Gambar 11 : Keyboard Chicklet Full Size dengan beda warna pada tombol WASD

Kepengen? Saya sih kepengen banget!! Mudah-mudahan ada rejeki untuk belinya. Aamiin!!























































2 comments:

Freddy Hernawan said...

Reviewnya keren dah nih bro... detailnya mantap.

Ferdiyansyah Siregar said...

weeew sedap emang ROG nh