Nov 23, 2008

Way to Pesta Blogger 2008

Perjalanan menuju PestaBlogger 2008

H - 2


Setelah memutuskan untuk ikut dalam acara pestablogger 2008 sebagai wakil dari BBC beberapa waktu yang lalu, maka dimulailah rancangan perjalanan menuju kegiatan ini. Wakil dari Borneo Blogger Community / BBC adalah Bang Yasser, Bang Mering, Popoy, Bang Bambang, dan saya sendiri.Anggota lain dari BBC yang sudah mendaftar duluan adalah Bang Andi. Seorang member BBC yang mendapat kehormatan sebagai pemenang 20 Foto Terbaik Pestablogger Photo Contest, Oesoep Tjhai juga akan hadir di Pestablogger 2008.

Dalam pestablogger 2008 ini, BBC tidak sendiri. Disponsori oleh Speedy dan WWF Heart of Borneo, dan didukung oleh Pemda Provinsi Kalimantan Barat dan Tribune Institute, BBC akan menjadi wakil dari pulau Kalimantan dalam upaya pelestarian lingkungan dan wisata. Mudah-mudahan dengan kegiatan pestablogger 2008 ini pulau Kalimantan bisa lebih dikenal lagi, langsung dari orang Kalimantan sendiri (loh..kok jadi kayak iklan sms yah?? :p)

Pelepasan kontingen BBC dalam Pestablogger 2008 telah dilakukan di Pontianak tanggal 22 November 2008 lalu di Telkom. Cukup ramai yang hadir. Sayang saat itu saya tidak bisa hadir karena memang saya tidak berada di Pontianak. Saya berangkat dari Bandung. Karena bingung mau kemana setelah sampai di jakarta nanti, akhirnya popoy dan freddy  mengabarkan kalau Bang Andi menawarkan rumahnya untuk jadi tempat menginap kontingen BBC selama di Jakarta. Saya pun mengontak Bang Andi via YM!, dan mempersilahkan saya untuk datang. Kami bertukaran nomor handphone untuk memudahkan proses penjemputan di terminal Kampung Rambutan ketika saya tiba nanti. Begitu juga Popoy, yang juga akan menginap di rumah Bang Andi.


H - 1

Karena tadi malam begadang, akhirnya saya kesiangan. Sempat bangun jam 10an, jumatan, dan pulang jumatan terlelap karena masih ngantuk. Akhirnya saya tersadar sudah jam 13.08. Saya segera berkemas dan berangkat ke terminal Leuwi Panjang.

Sebelum naik bis, saya menyempatkan makan siang dulu, karena memang sudah jam makan siang. Saya baru naik bis DAMRI ke Leuwi Panjang jam 15.04, setelah dicuekin supir bis pas nyetop bis ditepi jalan, dan akhirnya saya terpaksa berjalan kaki ke pool bis di Unpad Dipati Ukur, yang jaraknya sebenarnya tidak seberapa jauh, cuma siang itu panas sekali...

Perjalanan ke Leuwi Panjang memakan waktu kurang lebih 1 jam. Hal ini dikarenakan jalur yang dilewati bis adalah jalur macet. Melewati jalan Dago pada saat weekend adalah sama dengan macet. Belum lagi melewati Pasar Baru yang terkenal sempit dan banyak sekali orang yang tumpah ruah di jalan dalam rangka berbelanja.

Sesampai di terminal Leuwi Panjang, saya mulai menilik satu persatu bis yang menuju ke Kampung Rambutan. Ada beberapa bis yang menuju kesana. Tapi akhirnya pilihan saya jatuh ke bis ekonomi. Pertimbangannya adalah kondisi keuangan. Akhir bulan gini tentu saja mahasiswa seperti saya uang bulanan nya sudah habis :p. Alasan kedua adalah karena bis ekonomi sudah terisi setengah, hingga asumsinya pasti jalan lebih duluan dibanding bis patas AC yang masih belum ada penumpang. Dengan membayar karcis 25rb, akhirnya perjalanan dimulai.

Bis berangkat dari Leuwi Panjang jam 15.46. Saya mengabarkan kalo saya akan tiba di Jakarta sekitar jam 17.00 ke Bang Andi, dan kemudian kami berdua berencana menjemput Popoy di Bandara Soekarno-Hatta. Tapi rencana tersebut berubah. Karena saya baru tiba di Jakarta jam 18.36 setelah bis berjalan agak lama dan pake acara ngetem di pintu keluar Tol Padalarang. Ternyata bukan hanya saya saja yang delay. Popoy dan Bang Yaser yang berangkat bersama juga kena delay pesawatnya, sehingga berangkat malam.

Sesampainya di Jakarta, saya meng-sms Bang Andi dan mengabarkan saya sudah berada di Terminal Bis Kampung Rambutan. Beliau meminta saya menunggu sebentar untuk dijemput. Berhubung saya belum pernah bertemu langsung dengan Bang Andi, hanya pernah melihat fotonya saja di blog popoy dan cekgu, maka saya agak ragu juga kalo saya bisa langsung tahu Bang Andi. Tapi alhamdulillah, semua nya lancar-lancar saja. Saya bisa dengan mudah menemukan Bang Andi di terminal yang luas itu :).

Dengan motornya, Bang Andi membawa saya ke rumahnya di kawasan Monumen Lubang Buaya. Hehehehe... seram yah :p Tapi tenang... ga ada buaya nya kok.... yang ada adalah kenangan pahit pembantaian jenderal-jenderal besar di masa 65 dulu. Rumah Bang Andi cukup asri, dihiasi dengan tanaman-tanaman yang indah. Terus tidak sepanas yang saya bayangkan. Mungkin karena daerah ini masih banyak pepohonan kali ya...

Disambut oleh dua anak Bang Andi, saya pun masuk ke rumah beliau. Setelah berbicara sebentar, saya menumpang mandi, karena perjalanan dengan bis ekonomi tadi sangatlah gerah!!!. Sekitar jam 20:30, popoy meng-sms bahwa dia telah dalam perjalanan menuju rumah Bang Andi dengan bis dari Bandara-Kampung Rambutan. Akhirnya kami menemukan popoy di dalam kegelapan, di persimpangan, dengan tas jinjing dan banner yang dibawa dari Pontianak :D.

Bang Andi pun membawa kami pulang ke rumahnya dengan angkot dan dilanjutkan dengan ojek :D. Malam nya, kami online beramai-ramai di ruang tamu beliau. Saya menyempatkan menelpon yayank... hehehehehehe..... dan melanjutkan donlotan saya walau putus dan ga bisa nyambung dalam waktu yang lama). Saat yang lain sibuk chatting, saya masih menelpon :p Sehingga ada beberapa rekan yang kesannya dicuekin oleh saya :) Sori ya bro & sis :D

Popoy membawa oleh-oleh berupa keladi goreng dan lempok!! Keladi gorengnya sepertinya sudah ludes karena sangat meng-addict kan terutama saat dimakan sambil nge-plurk :p. Popoy juga membawa baju kontingen BBC yang telah dengan susah payah dicetak dan di sablon oleh Bang Opick. Makasiy ye bang...dah bikinkan kamek baju :p


Malam nya, kami sadar diri kalo sudah malam dan harus segera tidur karena besok subuh harus sudah siap. Jam 07.00 rencananya kami akan turun dari rumah menuju Gedung BPPT II di Jl. Thamrin, yang jaraknya lumayan jauh dari rumah Bang Andi.


H

bagian 1 : sebelum acara Suara azan bersahut-sahut membangunkan mata saya yang masih berat karena tidur larut. Tapi ternyata mata saya masih terlalu banyak setannya. Mungkin sekitar 5 menit saja saya sadar, dan akhirnya saya tertidur lagi. Saya baru terbangun lagi sekitar jam 05.00, saat mendengar panggilan dari Bang Andi yang membangunkan saya dari luar kamar. Bersegeralah saya bangun dan mandi.

Air yang tidak sedingin air di Bandung memudahkan proses mandi saya. Hehehehe.... Rasanya sudah lama saya tidak merasakan air sehangat ini :) Mandi selesai dalam 1/2 jam. Lama juga yah buat ukuran cowok :p Selesai mandi saya mengenakan baju kaos yang dibuat khusus untuk BBC dalam rangka pestablogger 2008 yang sudah susah payah dibuat bang Opick dan dibawa oleh Popoy. Saya menggunakan ukuran XL, yang kalo menurut saya pas di badan :)

Setelah semua selesai, saya menyempatkan diri membuka internet, dan mencoba masuk ke website pestablogger 2008 yang tadi malam tidak dapat diakses. Tapi ternyata pagi ini sudah bisa diakses. Kemudian saya ngeplurk dulu, laporan pagi :p Selagi asik menulis cerita ini, Bang Andi memanggil mengajak saya sarapan. Tersedia bubur ayam yang lezat di pagi hari. Kami bertiga, Bang Andi, Popoy dan saya, bercengkrama sambil makan bubur ayam. Popoy tampaknya agak kurang sehat karena meminta obat flu dari Bang Andi. Mudah-mudahan Popoy bisa tetap fit.


Jam 06.15, saya masih di depan komputer, masih buka FS, kaskus, dan menyelesaikan donlotan Supernatural - s03e06 yang saya tinggal tidur tadi malam. Rencananya kami akan berangkat jam 07.00. Sambil menunggu, browsing dulu :D Oya...perlu bawa laptop ga ya ke PestaBlogger 2008?? Bawa E51 aja cukup kali ya.. Sayang lupa bawa kamera digital, padahal sudah diingat-ingatkan untuk membawanya, eh...masih ketinggalan juga.


bagian 2 : On Location

Jam 07.00, kami berjalan ke depan gang untuk menunggu taksi jemputan. Ternyata menurut orang di depan gang, tadi sudah ada taksi yang masuk ke dalam gang, tapi tidak belok ke sub gang tempat Bang Andi tinggal. Akhirnya Bang Andi masuk lagi ke dalam gang untuk menyusul taksi yang terlanjur masuk ke dalam. Akhirnya taksi tiba, dan kami berangkat ke gedung BPPT II, Jalan Thamrin Jakarta.


Sesampainya di gedung BPPT, sudah ada orang yang sedang menunggu pembukaan pendaftaran bagi yang belum mendaftarkan dirinya untuk ikut dalam pesta blogger 2008 ini.Kontingen BBC yang memang datang terpisah ke Jakarta, kemudian langsung bertemu di Jakarta tepatnya di lokasi acara. Yang sampai duluan adalah rombongan kami, Bang Andi, saya, dan Popoy. Tak lama kami tiba, Bang Mering dan Bang Bambang tiba, dan disusul dengan Bang Yaser. Setelah itu kami berfoto-foto dulu dengan memperlihatkan banner yang sudah susah payah Popoy bawa dari Pontianak.



Jam 08.30, pendaftaran dibuka, dan mulailah peserta memasuki gedung BPPT untuk mendaftarkan dirinya, baik yang mendaftar ulang, ataupun mendaftar baru. Saat rombongan kami mendaftar ulang, sempat-sempatnya kami berfoto dengan panitia yang mengurus pendaftaran kami. Setelah itu kami sempat berbincang-bincang dengan salah satu pihak sponsor acara, yaitu dari bubu.com. Kemudian kami sempat berfoto dengan Presiden Blogger Indonesia, Endah Nasution, setelah itu kami naik ke lantai 3, tempat acara dilaksanakan.


Sesampai di lantai 3, ternyata sudah ada display-display dari para sponsor, antara lain Speedy, US Embassy, Jakarta Post, Telkomsel dan sebagainya. Saya dan Popoy menyempatkan berfoto di banner Pestablogger 2008 sebelum ramai :) Agak narsis yah..hehehehehe..... Sempat singgah di US Embassy, dan mereka menawarkan buku gratis kepada kami dengan syarat menuliskan nama dan no telp yang bisa dihubungi. Tapi pada saat itu tempat penyimpanannya belum diambil, jadi kami masuk ke dalam ruangan saja.


Bang mering dan Bang yaser telah mengontrak tempat yang cukup strategis. Letaknya dekat dengan panggung. Satu deret yang terdiri dari 8 bangku itu hanya kosong 2 bangku, dan akhirnya diisi dengan blogger lain.

Acara nya lumayan seru. Tapi secara umum saya agak lupa apa aja yang dibahas :p Tapi pada intinya acara ini adalah acara terakbar para blogger di Indonesia, bahkan mungkin di dunia. Blogger dari Singapura menyatakan bahwa mereka juga pernah mengadakan pesta blogger seperti ini dengan peserta 200an orang. Sedangkan Pesta Blogger 2008 dengan peserta sekitar 700an orang!!

Para blogger asing yang diundang untuk hadir di Pesta Blogger 2008 ini antar lain berasal dari Malaysia, Singapura, Filipina, Amerika, dan Australia. Mereka kagum dengan blogger Indonesia yang bisa bersatu seperti ini. Kemudian mereka juga sangat mengagumi Indonesia dengan budaya dan keramahan orang Indonesia. Sebelum acara Pesta Blogger ini dimulai, kelima blogger asing ini telah berkeliling ke 3 propinsi, yaitu Bali, Jogyakarta, dan Jakarta. Mereka mengabadikan Indonesia melalui jepretan kamera mereka, yang kelak akan mereka bawa ke negeri mereka masing-masing. Blogger dari Malaysia, yang juga seorang anggota DPR Malaysia menyatakan kekagumannya akan dukungan pemerintah dalam acara ini. Beliau mengatakan bahwa Indonesia hebat bisa menghadirkan 3 menteri di Pesta Blogger kali ini, sedangkan di negara mereka, tidak satu pun menteri yang mendukung blogger. Para blogger asing tersebut juga menyatakan kekecewaan akan pengelelolaan objek pariwisata Indonesia yang belum profesional, karena memang kita terkendala dana. Selain itu, lambatnya jaringan internet Indonesia juga sangat-sangat-sangat dikecewakan :p Hehehehe.... Mudah2an Pak Mentri mendengarkannya dan dapat merespon hal ini secepatnya :p


Acara masih terus berlanjut dengan acara-acara lain seperti dialog dengan pihak-pihak yang terkait dengan tema Pesta Blogger 2008 kali ini, yaitu adalah Blogging for Society. Dan di tengah hari barulah kita beristirahat sejenak dengan disajikan makan siang. Tumpah ruah peserta Pesta Blogger 2008 makan di ruang lobby, karena tidak diperkenankan membawa makanan ke dalam ruang utama tempat acara diselenggarakan. Kami semua duduk di depan pintu restoran. Bang Mering mengistilahkan keadaan ini sebagai "Blogger juga manusia, bisa kelaparan, makan, dan jadi kayak pengungsi yang tumpah ruah di lantai".

Saya dan Bang Andi yang selesai makan lebih awal mulai berkelana. Tadinya saya cuma mau mengambil tas saya, tapi dalam perjalanan, saya bertemu dengan wajah yang tidak asing lagi bagi saya. Ya... dia adalah Ismanto Hadi, teman dari milis Indostartrek. Wah....senang banget rasanya bertemu dengan sesepuh indostartrek :D. Manto menginformasikan bahwa tadi pagi mereka juga telah melakukan wawancara live di TV One untuk komunitas Indostartrek. Sayang sekali beberapa minggu ini saya memang tidak membuka milis. Yang bikin saya bahagia lagi, akhirnya saya mendapatkan Startrek Combadge dan Piperank yang akan melengkapi seragam Star Fleet saya :D Thanks ya mas :D. Kami juga sempat berfoto bersama dengan Manto dengan seragam Star Fleet nya dan saya dengan kemeja menggunakan combadge Star Trek :D (Coba saya bawa yah seragam starfleet saya). Dengan gaya salam Vulcan, kami berdua berfoto di banner Pesta Blogger 2008.


Jam istirahat pun berakhir. Kami kembali masuk ke dalam ruangan untuk menyaksikan dialog berikutnya. Dialog ini dibagi ke dalam beberapa pembicara, dan para peserta bebas memilih pembicara mana yang akan mereka ikuti. Saya memilih pembicaraan tentang Blog dan Kreativitas. Materi yang disampaikan oleh pembicara sangat menarik, walaupun terkendala suara yang tidak terdengar karena tidak menggunakan mic. Tapi saya berhasil menangkap inti dari bagaimana membuat blog itu kreatif. Intinya blog itu harus unik. Nah...bagaimana cara kita membuat blog itu menjadi unik? Pertama-tama kita harus mencari apa yang atribut penting dari isi blog yang selama ini kita buat. Kemudian dilanjutkan dengan mengerucutkan atribut tersebut menjadi suatu yang lebih konkrit. Kemudian kita harus melupakan hal-hal lain yang tidak termasuk dalam atribut yang telah mengerucut tadi. Maka blog kita akan menjadi blog yang unik. Pembicara kedua adalah pengarang buku komik, Kambing Jantan, Raditya Dika, menceritakan pengalamannya menjadikan blog yang dibuatnya sejak tahun 2002 menjadi sebuah komik.

Pembicaraan terpotong karena waktu yang sudah habis, dan dilanjutkan dengan break sore. Dan akhirnya setelah break, acara yang dinanti-nanti yaitu pengundian hadiah pun dilakukan ^^. Mulai dari hadiah-hadiah seperti kain sarung batik sampai hadiah termahal yaitu mininotebook dari HP. Para peserta Pesta Blogger juga dihibur oleh penampilan selebritis yang juga blogger, Mayla Fayza dengan permainan biola dan nyanyiannya :)


Akhirnya, setelah pemenang hadiah utama berupa laptop diumumkan, kami pun pulang ke tujuan masing-masing. Saya, Popoy dan Bang Andi pulang ke rumah Bang Andi. Oya...Bang Andi mendapatkan hadiah berupa Ipod Nano dari undian yang ditarik tadi. Sedangkan saya dan Popoy hanya bisa bermimpi mendapatkan HTC Touch, Ponsel Nokia, dan Mini notebook HP yang jadi hadiah utama ;p.


Bagian 3 : pulang ke rumah

Badan lelah, ngantuk, dan tak bersemangat (karena ga dapat hadiah :p). Kami pulang dengan taksi setelah berjalan lumayan jauh (padahal dekat). Sesampai di rumah, rasanya badan ini mau rontok. Saya hanya bisa duduk di kursi sambil menikmati segelas kopi. Sementara Bang Andi mandi, saya memejamkan mata sebentar karena memang saya ngantuk sekali dari jam 16.00 - 17.00 tadi. Setelah Bang Andi mandi, barulah saya mandi. Popoy ternyata sudah tidak sanggup dan akhirnya terlelap lebih dahulu dibanding kami semua. Hahaha...pesta yang melelahkan yah :p Tapi rasanya ingin ikut lagi di Pesta Blogger 2009 tahun depan :D


Ayoo.... kita pergi bersama-sama ke Pesta Blogger 2009!!!

No comments: