Oct 19, 2009

Modem Sierra dan Telkomsel Flash Unlimited Cased Solved : Ketidakkompakan Telkomsel dan Modem keluaran non-Telkomsel

Beberapa hari ini saya disibukkan dengan masalah koneksi Telkomsel Flash Unlimited yang tidakbisa konek. Entah apa yang dilakukan oleh Telkomsel sehingga kebanyakan modem (terutama yang bukan modem keluaran Telkomsel) menjadi tidak bisa terkoneksi dengan jaringan internet walaupun berhasil masuk ke jaringan Telkomsel.

Bagi yang menggunakan modem Sierra (875/881U/885) dan memiliki masalah yang sama dengan saya, maka ini adalah solusi yang mungkin bisa diterapkan agar koneksi internet anda berjalan kembali :

A. Dengan Profile WWAN

1. Masukkan modem Sierra ke USB komputer anda dan tunggu sampai muncul 3GWatcher / Sierra Watcher (atau buka manual jika anda telah mematikan auto launch nya).
3. Pilih Tools - Option - Profiles
4. Pilih Profile WWAN yang dipake atau lebih disarankan untuk membuat profile WWAN baru, dan lakukanlah langkah-langkah berikut ini :

Bikin WWAN Profile baru, Namai Sembarang (eg. Telkomsel, Internet, etc)
User Name : (dikosongin)
Password : (dikosongin)
APN : internet / telkomsel

lainnya biarkan default

Klik Apply

5. Masuk ke Menu Advanced
6. Pada TCP/IP Settings rubah authentication menjadi CHAP,
7. Rubah WINS menjadi YES
8. klik Apply
9. Masuk ke DNS Settings
10. Primary dan Secondary di isi 0.0.0.0 (atau boleh juga dihapus)
11. Klik Apply Lalu OK

Jika anda menggunakan modem Sierra 885 dan masih menggunakan skin contemporer yang menjadi default dari Sierra 885, maka anda perlu mengubah default profile anda menjadi profile yang barusan anda buat. Saya sangat menyarankan anda menggunakan skin watcher classic karena lebih mudah dalam pemilihan profile yang tersedia.

12. Tutup Sierra Watcher
13. Buka kembali Sierra Watcher nya, dan kemudian klik konek... mudah2an internet anda sudah berjalan kembali.....


B. Dengan Profile Dial Up

Pada dasarnya cara ini pun mirip dengan membuat profile WWAN. Caranya adalah :

1. Masukkan modem Sierra ke USB komputer anda dan tunggu sampai muncul 3GWatcher / Sierra Watcher (atau buka manual jika anda telah mematikan auto launch nya).
3. Pilih Tools - Option - Profiles
4. Pilih Dial Up Profile yang dipake atau lebih disarankan untuk membuat profile Dial Up baru, dan lakukanlah langkah-langkah berikut ini :

Bikin Dial Up Profile baru, Namai Sembarang (eg. Telkomsel, Internet, etc)
User Name : (dikosongin)
Password : (dikosongin)
APN : internet / telkomsel

lainnya biarkan default

Klik Apply dan OK

Matikan Sierra Watcher nya... nyalakan kembali.. dan coba konek...
Mudah2an sudah bisa jalan lagi :)


Semoga membantu


Sumber :
orang-orang berkompeten di bidang modem Sierra dan pengalaman pribadi

7 comments:

ciek2ciek said...

Makasih. sebenarnya saya juga punya masalah yang sama..tapi terima kasih post..setelah ku coba akhirnya bisa...saya pemakai sierra 885. Setelah beberapa ari ini tidak bisa connect saya pikir modem saya yang rusak..akhirnya saya set ulang profile nya dengan pakai dialup baru bisa...tapi sekarang pakeai yang mas berikan juga bisa..dan ini berarti modem w selamat...thx bos...

motosuki said...

@ciek2ciek : hehehe.. syukurlah kalo udah bisa :)

Putra Pande said...

Terima kasih banyak... terima kasih banyak... infonya sungguh membantu..... sy jg menggunakan sierra 885, sudah bbrp hari mengalami masalah yg sama... sampe2 pusing 7 keliling... syukurlah setelah googling sana sini akhirnya menemukan blog anda.... setelah mengikuti langkah2 yg anda anjurkan... jreeeng... modem sy berjalan normal... hebat.. hebat... 3 jempol utk anda.... selamat!!

motosuki said...

@putra pande : senang sekali kalau tulisan saya bisa bermanfaat :)

Anonymous said...

Terima Kasih Mas, buat tips bantuannya. Saya pikir modem Sierra saya yg rusak akibat panas, ternyata hanya masalah dari Telkomsel dgn modem non-Telkomsel. Wuiiih...akhirnya modem saya bisa dipake Internetan lg.
Sekali lg saya ucapkan Terima Kasih banyak...

bima_262@yahoo.com

Anonymous said...

Sudah saya lakukan langkah diatas,tapi hanya bisa 2G all,sedangkan 3G all,masih tidak bisa browsing,walaupun sudah posisi"connected"dan sinyal bagus,mohon bantuannya pak,saya di Pekanbaru,firmware sudah saya install terbaru,dan menggunakan sierra watcher ,apakah modem rusak,mohon bantuannya pak,terima kasih

motosuki said...

@bima : thx juga udah baca blog saya :)
@anonymous : di 2G jalan gak internet nya? kalo jalan, artinya modem anda tidak bermasalah. kalo di 3G gak jalan, kemungkinan ada masalah di jaringan 3G nya.. coba konsultasikan ke operator nya.