Nov 14, 2007

Hati dengan Penipuan di Internet

Akhir2 ini banyak sekali penipuan lewat internet yang terjadi. Saya menyarankan bagi anda yang biasa membeli barang-barang secara online untuk lebih hati-hati. Ada beberapa tips dari saya yang mungkin berguna untuk memberi barang online :

1. Kenali penjualnya
     Bisa dilakukan dengan mencari kredibilitas penjual di dunia internet. Caranya? Dengan bertanya kepada forum jual beli di forum-forum terkenal seperti kaskus dan KG. Jika tidak ada rekomendasi dari mereka, bisa jadi penjual tersebut palsu.

2. Periksa testimonial
Perhatikan testimonial dari pembeli. Apakah testimonial itu benar atau tidak. Caranya... perhatikan tanggal posting testimonial dan waktunya. Biasanya, testimonial jarang sekali dibuat dalam waktu yang bersamaan atau berdekatan. Jika testimonial itu menge-link ke website lain atau email lain, silahkan bertanya kepada testimoner tersebut.

3. Kontak langsung
Paling pas kalo kita bisa kontak langsung dan melihat toko atau tempat orang tersebut berjualan. Atau kita minta tolong orang lain yang kita percaya untuk bertemu dengan penjual.

4. Pesan barang dengan resiko kehilangan paling kecil
Jika anda masih sulit percaya tapi ingin tetap mencoba, anda bisa meminimalkan resiko anda dengan memesan barang yang paling murah untuk percobaan. Tentu saja anda harus siap mental kalo ternyata barang anda tidak nyampe :)

Yah..segitu dulu kali ya :)
Ada yang mau nambahkan?

No comments: